Memberi dan Menginspirasi

Rabu, 06 Januari 2016

Emak Bekerja Vs Emak Rumahan


Tahun 2014 saya ikutan audisi nulis di Penerbit Indiva, chie audisi...ni ye...Saya mengambil tema Emak heboh, kerjaan banyak semua beres. Syarat ikut audisi ini adalah ibu rumah tangga yang memiliki usaha. Alhamdulillah  tulisan  punya saya lolos audisi dan akan diterbitkan bersama dengan penulis lain.Buku ini menceritakan rempongnya ibu rumah tangga yang mengurus  segala keperluan rumah dan bisnis yang dijalankan.  Tulisan saya berjudul Emak Disabilitas Cari Duit.  Sebenernya ini pengalaman saya  dan suami yang keduanya memiliki keterbatasan fisik  dalam membesarkan anak. Bagaimana kami bahu membahu dalam mengerjakan pekerjaan rumah, apalagi waktu anak-anak masih kecil, kami tidak punya pembantu atau baby sitter.
Ketika kebutuhan hidup terus merangkak naik,  saya  dituntut  mencari  pekerjaan untuk meringankan beban suami.  Mencari pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, setahun, dua tahun pekerjaan belum juga dapat. Tapi saya tidak diam, tak saya terus berputar memikirkan bagaimana caranya untuk menambah penghasilan. Salah satunya yaitu dengan menulis, berjualan online.  Alhamdulillah dengan menulis kehidupan saya sedikit membaik.  Saya putuskan untuk menjadi  ibu rumah tangga sambil terus menulis. Keinginan untuk bisa kerja kantoran  sudah saya hapus, toh saya tetap bisa cari uang dari rumah, saya bisa bersama anak-anak, menyaksikkan tumbuh kembang mereka. Pokoknya saya sudah malas untuk melamar kerja seperti dulu. Anak pertama sudah berumur  6 tahun sedangkan anak kedua sudah berumur 4 tahun.
Ternyata Allah berkehendak lain, saya lolos CPNS formasi disabilitas. Disitulah saya galau, antara idealisme saya yang ingin terus menulis dan tuntutan materi. Hidup memang pilihan.  Bismillah saja saya ambil kesempatan yang tak mungkin datang dua kali dalam hidup saya. Saya minta izin sama anak-anak, Alhamdulillah anak-anak  tidak protes, dengan kehidupan baru. Di mana saat mereka bangun tidur emaknya sudah pergi ke kantor.     
 


0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!