Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 17 Januari 2016

Pemandian Air Panas Ciater


Kota Bandung terkenal dengan wisata kuliner dan wisata belanjanya. Tapi  jangan khawatir tak jauh dari pusat kota Bandung ada tempat untuk memanjakan mata dengan pemandangan yang hijau dan merelaksasikan tubuh dengan berendam air panas.  Ya Pemandian air panas Ciater salah satunya.
Tempat ini menjadi tujuan wisatawan local maupun asing, terutama pada saat liburan.  Kami berangkat pagi sekali untuk menghindari macet, dari kota Bandung  sekitar 30 kilometer menuju utara.  Rutenya dari kota Bandung  menuju ke Lembang terus kea rah Subang.  Ciater merupakan kawasan Gunung Tangkuban Perahu, namun masuk kabupaten Subang.
Sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan sejuk perkebunan teh.  Bagi kami dari  Bandung sudah bisa menikmati pemandangan ketika masuk Lembang. Jalan-jalan yang dilalui  merupakan arena wisata yang indah seperti Gunung Tangkuban Perahu, bumi perkemahan Cikole dan lain-lain.
 Bagi Anda yang dari  Jakarta ada dua  jalur bisa lewat jalur puncak dan bisa juga lewat tol Jakarta – Cikampek  keluar Sadang kabupaten Subang.   Dari Cikole Lembang sekitar 7 km dengan waktu tempuh 15 menit. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik angkot  dari terminal ledeng, jurusan Ledeng- Lembang, dari Lembang  Anda bisa naik jurusan Lembang-Subang 
Intinya berwisata ke Ciater untuk menikmati  uap belerang dari Sungai Ciater, maka tak seru jika tak bawa baju ganti.  Kita bisa berendam sepuasnya untuk menghilangkan lelah selama perjalanan dalam kolam atau di sungai.  Untuk masuk kawasan ini tentunya harus bayar alias tidak gratis. Tapi tenang tiketnya terjangkau, dan di dalam ada berbagai macam pilihan, mau berendam di kolam atau di sungai, bedanya kalau di kolam ada tiket lagi, kalau di sunga gratis.  Ada perahu, taman strawberi, flying fox, wahana permainan anak, naik delman kuda tunggang  dan lain-lain.


Mandi di sungai tempatnya terbuka dan banyak orang lalu lalang, lokasinya juga berbatu. Pilihan kedua adalah kolam terbuka dengan air panas dan pilihan ketiga kolam VIP, di sini kita akan lebih nyaman untuk rileks.
Para turis juga di suguhi berbagai atraksi, biasanya digelar pada saat weekend seperti pertunjukan tari tradisional, domba tangkas, sisingaan khas Subang,  panggung dangdut, badut dan lain-lain.
Konon air panas ini berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit, terapi penyembuhan rematik dan gangguan syaraf. Karena air panas di Ciater mengandung kalsium, magnesium, sulfat, chloride, thermo, mineral dan tingkat keasaman yang tinggi.  Dan secara psikologis  berendam di air panas Ciater membuat  pikiran dan perasaan tenang dan nyaman. Tak heran jika objek wisata ini terkenal hingga mancanegara dan menjadi tempat wisata yang digemari oleh pengunjung dalam mau pun luar negeri. Setiap harinya wisata Ciater ini dikunjungi kurang lebih 60 ribu orang.
Jika Anda penikmat kuliner, sebaiknya jangan dilewatkan kuliner khas Ciater yaitu sate dan sop kelinci, di sepanjang perjalanan Lembang Ciater banyak terpampang plang penjual kuliner ini. Pasti menyenangkan di tengah udara yang sejuk sambil menikmati sop hangat bersama keluarga.
Bumbu sate khas Subang yang membalut daging kelinci yang gurih dan empuk menjadi hidangan istimewa di sore hari. Tapi sebelum memesan makanan, ada tips dari saya. Sebaiknya tanyakan dulu harganya, karena kebanyakan tidak mencantumkan harga dan membuat mata terbelalak saat membayarnya.
Daerah Subang dengan alam pegunungan yang sejuk  bisa kita manfaatkan untuk melakukan tea walk yaitu jalan melintasi kebun teh yang membentang luas di lokasi pemandian Ciater  hingga 30 hektar.  Namun yang harus diperhatikan suhu yang berubah-ubah, bila sedang normal suhu di perkebunan teh 20 derajat celcius, tapi jika sedang dingin dan berkabut mencapai 16 derajat celcius.
Wisata Ciater juga menyediakan Sari Ater Hot Spring Resort, yang dapat memenuhi segala kebutuhan wisatawan diantaranya adalah  kamar dan bungalow, sport club buat olah raga tenis, basket, volley dan mini golf, gokart off road, bumi perkemahan, outbound area, kolam pancing dan bahtera dayung, paint ball games, pusat kerajinan keramik, restaurant dan bar, ruang kedap representative.
Bagi Anda yang suka dengan olahraga pacuan kuda, maka Anda tak salah bila memilih lokasi ini sebagai tempat wisata Anda dan keluarga. Karena di kawasan ini juga terdapat pusat pacuan kuda yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pengunjung bisa berlatih dan ditemani oleh pelatih  sambil menikmati pemandangan kebun teh yang mempesona.
Puas mandi, berendam dan jalan-jalan, saatnya kita pulang dengan perasaan lebih fresh. Siap menjalani rutinitas seperti biasa. Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Subang yaitu buah nanas dan aneka olahan seperti keripik nangka, dodol ketan dan lain-lain. 
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!