Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 31 Maret 2013

Rendang Padang makanan Favorit Keluarga


Rendang padang merupakan makanan tradisional khas Sumatera Barat. Namun walaupun saya asli sunda masakan Padang selalu menjadi  makanan favorit keluarga besar saya di Bandung.  Dari  Ayah Adik, om dan tante semua jika cerita perjalanannya, pasti nyari warung makan padang. Jika saya pergi kemana-mana atau diperjalanan saya selalu mampir di rumah makan Padang.  Atau jika saya malas untuk masak,  saya beli masakan padang saja.  Hanya sayang saya tak pernah mengingat nama rumah makannya. Mungkin saya juga pernah ke Rumah Makan Restu Mande secara tidak sengaja ketika diperjalanan. 

Saya juga memiliki pengalaman dengan rendang padang ini, ketika saya sedang ngidam anak pertama, waktu itu saya tak mau makan nasi,nasi rasanya bau sekali di hidung saya.  Namun walalupun begitu saya harus ada asupan gizi, sehingga walalupun baud an tak jarang muntah-muntah setelah  makan nasi, saya paksakan juga karena demi anak yang ada dikandungan saya . meningkatkan nafsu makan saya suami sering mengajak pergi makan diluar, kemana lagi kalau bukan ke  rumah makan padang. Rendang padang selalu menjadi pilihan utama ketika saya ngidam.
Ini pengalaman saya berkaitan dengan rendang padang, waktu itu saya awal menikah. Sedang giat-giatnya belajar masak. Saya beli tabloid dan buku-buku resep. Saya lupa nama tabloidnya disana mengulas masakan padang, karena saya suka masakan padang, saya ingin mencoba buat rendang padang. Terus terang waktu itu saya belum bisa masak. Kalau saya mau masak selalu nelpon dulu sama ibu, masalah bumbu dan cara masaknya. Saya lihat dibuku resep, seperti enak sekali. Entah apa yang kurang  kok rasanya beda sama rendang padang kalo saya beli. Untungnya saya punya suami yang selalu mensuport, walaupun saya gagal, dan rendangnya kurang enak, tetap dipuji dan dibilang enak.
Ini pengalaman saya satu lagi ketika saya hendak pergi ke kampong halaman suami Bulukumba Sulawesi Selatan.  Saat itu saya menggunakan kapal laut untuk pergi kesana. Perjalanan selama tiga hari dua malam diatas samudra luas.  Supaya lebih praktis saya membawa rendang kemasan, yang bisa awet untuk beberapa hari.  Diatas kapal saya tidak perlu lagi membeli lauk pauknya, cukup membeli nasinya saja.  Begitupun ketika di Bulukumba, ternyata rumah makan padang banyak juga disana. Sehingga tidak sulit bagi saya untuk sesekali memanjakan lidah dengan makan  rendang padang.   

Wah ternyata masakan padang ada dimana-mana, saya tidak kesulitan mencari setiap saya berpergian dan mencari tempat untuk makan. Mungkin satu yang harus diingat kalau masuk rumah makan saya harus lihat nama rumah makannya.  
4

4 komentar:

  1. suami yang baik ya mbak, tetep semangat belajar bikin rendang, pokoknya maknyuuus, hehe

    salam kenal
    http://lialathifa.blogspot.com/2013/04/ini-dia-6-keistimewaan-rendang-padang.html

    BalasHapus
  2. suami yang pengertian ya mbak.. semangat terus belajar bikin rendang ya, hehe

    salam kenal
    http://lialathifa.blogspot.com/2013/04/ini-dia-6-keistimewaan-rendang-padang.html

    BalasHapus
  3. hehe rendang padang memang selalu di hati ya mb
    memang enak tuh rendang, aku juga biasanya bikin sendiri loo, kalau mudik kerumah ibu juga suka di bikinkan :D

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!