Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 30 Oktober 2016

4 Ide Bisnis yang Bisa Dilakukan Di Rumah


Berawal dari sebuah mimpi, ya memang dulu saya hanya bermimpi punya bisnis di rumah. Alasan pertama yaitu agar punya banyak waktu untuk keluarga, apalagi saya punya kekurangan di kaki kanan cacat. Jadi kalau bisnis di rumah, saya tidak harus pergi ke kantor setiap hari. Mimpi saya ingin punya toko online tanpa punya modal barang sendiri. Mulai lah saya menjual barang milik orang lain. Dari barang campuran alat rumah tangga, kecantikan hingga baju muslim. Tapi apa yang saya peroleh? Bisnis toko online saya hanya mendapatkan satu dua pembeli saja yang keuntungannya juga tidak seberapa. Semua orang mencibir kalau saya nggak akan berhasil dengan toko online nya. Tapi itu tak membuat saya putus asa, saya mencoba cara pemasaran baru, trial eror sih. Karena semua saya lakukan otodidak. Akhirnya setelah 3 tahun saya tekuni dengan berbagai tantangannya, saya kini memiliki 3 toko online dengan satu brand baju muslim pria. Itu berkat ketekunan, ya saya yakin sekali setiap bisnis yang kita tekuni, asal tekun dan konsisten pasti akan ada hasilnya. Kata orang sunda mah lamun keyeng tangtu pareng, kata pepatah arab mah man jadda wa jada, pasti sudah pada tahu kan artinya.

Nah apa saja sih bisnis  yang bisa ibu rumah tangga lakukan di rumah, agar tidak meninggalkan kewajibannya sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya.   Berikut ada 4  ide yang paling banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga.

1.         Bisnis catering- siapa bilang bisnis catering bisnis kuno, bisnis ini merupakan lini bisnis UMKM paling populer. Memang kalau dilakukan sendiri pasti repot, tapi bisnis ini memang sangat dibutuhkan. Tatkala kita mau buat hajatan, pasti bisnis catering ini sangat membantu. Mulailah dari hal kecil dulu, seperti  dengan cara menitipkan di toko-toko terdekat. Insya allah jika rasanya enak, orang akan berbondong-bondong memesan.
2.        Make over kue – bagi Anda yang suka menghias kue, bisa membuka kursus selain membuka pesanan untuk kue.
3.        Online shop, dengan modal android dan laptop bunda sudah bisa membuka toko online. Bagaimana dengan produknya? Kita manfaatkan orang-orang yang punya modal. Kita hubungi mereka dan minta izin untuk ikut memasarkan produknya. Mereka pasti akan senang karena telah terbantu untuk pemasaran. Online shop ini salah satu bisnis yang saya jalankan, walau pun saat ini saya sudah bekerja di kantor sebagai ibu yang bekerja, dari bisnis yang awalnya iseng ini, alhamdulillah omzetnya lumayan buat nambah-nambah uang dapur.
4.        Menulis online, bagi anda yang suka nulis bisa menjadi ladang juga. Jika memiliki banyak waktu luang, bisa membuka bisnis tulisan atau agensi naskah. Tapi jika waktunya memang terbatas seperti saya, bisa ikut berbagai komunitas blog yang biasanya ada selalu peluang untuk mendapatkan uang dari menulis. Seperti yang saya lakukan, walau pun yang di dapat tidak seperti kita menjadi penulis novel yang bisa kebeli rumah mewah, tapi lumayan untuk membeli seliter beras dan segenggam berlian.


Mudah-mudahan bunda selalu di beri kesehatan dan umur panjang. Amiin.
1

1 komentar:

  1. Usaha onlineku masih stop mbak hehe. Tapi patut juga dipretimbangkan ide2nya, trims reomendasi bisnisnya :)

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!