Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 15 Oktober 2016

Menambah Penghasilan dari Menulis



Berawal dari suka baca akhirnya saya putuskan untuk jadi penulis, walau pun keputu san ini kuanggap telat. Karena baru menyadari setelah kuliah, coba dunia tulis menulis ini saya tekuni sejak SD, tapi tak ada kata terlambat untuk berkarya, bahkan ada seorang penulis terkenal saya lupa namanya dia mulai menulis pada usia lima puluh tahun.
Diantara  semua cita-cita saya, yang saya perjuangkan adalah menjadi penulis. Kadang saya rela bergadang untuk menghasilkan sebuah tulisan,  dan saya pun tidak pernah merasa cape walau pun sering dikejar date line menulis.  Mungkin inilah yang dibilang passion. Ada semangat terus untuk menggelutinya.  Memang tak bisa dipungkiri awalnya menulis untuk mencari tambahan uang, karena saat itu sedang kuliah, jadi uang itu sangat berarti sekali. 
Ada pepatah sunda “ Asal keyeng tangtu pareng” “ Man Jadda wajadda, siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil.” Satu persatu tulisan muncul di media cetak,   alhamdulillah targetnya punya satu buku, ternyata lebih dari 3 saya sudah tulis. Tapi apakah saya merasa puas? Saya harus  masih banyak belajar, saya posisikan diri saya sebagai penulis pemula. Sampai saat inipun, saya masih  terus belajar,  salah satunya melalui blog, banyak pelajaran yang saya dapatkan dari blog para penulis yang sudah terlebih dulu sukses. 
Banyak orang yang kepo, dan tidak tahu kalau nulis di koran itu dapat honor,  honornya bervariatif tergantung media,  saya pernah mendapatkan mulai dari honor 50 ribu hingga 800 ribu/ artikel. Pokoknya lumayan deh bagi ibu-ibu seperti saya. Bisa digunakan untuk keperluan pribadi, atau jika digunakan untuk kebutuhan keluarga termasuk sedekah. Apalagi di zaman sekarang, asalkan ada kemauan, cari uang lewat tulisan lebih terbuka peluangnya.

Dulu waktu sekolah saya pernah punya cita-cita ingin jadi dokter, tapi cita-cita tersebut tidak pernah saya perjuangkan dengan sungguh-sungguh, dan memang itu hanya sekedar cita-cita seorang anak kecil yang latah, dan jadi dokter bukan pashion  saya.
Tulisan yang pernah dimuat di media cetak
1.         Tabloid Prioritas Judul green Canyon di tanah Pasundan  ( Perjalanan )edisi 7 Januari 2013
2.         Tabloid Prioritas Judul : Warisan budaya leluhur Bulukumba  (Perjalanan)Edisi 17-23 Des 2012
3.         Majalah Sunda Mangle  Carpon Judul  Anaking Edisi 20-26 Des 2012
4.         Forum Guru  Pikiran rakyat Judul Membudayakan Pendidikan inklusif edisi  6 Sept 2012
5.         Forum Guru Pikiran Rakyat Judul Menyoal Penambahan jam pelajaran edisi  27 November 2012
6.         Yakinlah,Undangan Allah segera tiba Pikiran Rakyat
7.         Planet Baru Layak Huni ditemukan Pikiran Rakyat Edisi 22 november 2012
8.         Alfred Bernhar nobel, Penemu Dinamit Pikiran Rakyat
9.         Benarkah Jakarta akan tenggelam Harian Analisa 21 Januari 2013
10.      Paralayang DiBukit gantole ( Perjalanan) Pikiran Rakyat 2 Februari  2013
11.       Kisah Pinisi Dari Bulukumba Pikiran Rakyat 2 Juni 2013
12.      Pulau Tidung, eksotisme di pulau terpencil Pikiran Rakyat
13.      Cerpen Anak judul Gerobak sampah Majalah Girls
14.      Dan lain-lain

Buku
1.      Berternak lele Tanpa modal   RE Media Service
2.     Situs Bersejarah Di Lhoksemawe Re Media Service
3.     Sejarah Kereta Api Indonesia Re Media Service
4.     20 Kreasi Puding RE Media Service
5.     Antologi Indiva ( Hebohnya Emak-emak cari duit)
6.     Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Hukum  Gramedia Pustaka Utama Tahun 2015
7.     Pembukuan Wajib Untuk Bisnis, Penebar Swadaya  Tahun 2015
8.     ....................
Mudah-mudahan tulisan sederhana ini bisa menginspirasi ibu-ibu khususnya,  dan sebagai penyemangat buat saya untuk tetap berkarya. 
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!