Memberi dan Menginspirasi

Jumat, 04 November 2016

Mencari Makanan Halal Di Bali

Bagi muslim yang hendak wisata ke Bali, jangan khawatir sekarang banyak pengusaha muslim mendirikan restoran di sana. Awalnya saya merasa takut, jangan-jangan hidangannya daging B2. Panitia memang sudah mengwanti-wanti pemandu wisata untuk membawa ke restoran yang halal, karena mayoritas pegawai yang ikut beragama islam.
Hari pertama di Bali, kami dan rombongan makan malam di Jimbaran. Tiba di Bandara Ngurah Rai sore, lalu kami pergi ke Uluwatu untuk melihat sunset. Di Jimbaran banyak sekali restoran dengan berbagai menu. Kami sengaja memilih restoran seafood dipinggir pantai. Suasana begitu romantis diiringi deru ombak tambah nikmat makan dalam keadaan lapar.
Seefood yang dihidangkan ikan bakar, cumi krispi, udang bakar dan kerang. Dimakan pakai sambal dan nasi pulen, nikmatnya.
Benar-benar pengalaman makan yang begitu nikmat, mungkin karena makan di pinggir pantai hanya diterangi lilin-lilin kecil dan suara ombak. Pokoknya recomended deh restoran seafood di Jimbaran, sayang aku lupa nama restorannya.
Hari kedua kami mampir di rumah makan padang, pemiliknya seorang muslim. Kenapa saya yakin? Karena di sana terpampang nama pemiliknya seorang haji, dan tertera dengan jelas di sana label halal. Selain itu di dinding restoran terdapat foto-foto Ka’bah beserta pemilik restoran.

Untuk makan malam, panitia memesan nasi box dari restoran sunda, menunya ayam goreng dan sayur asem ditambah sambal terasi. Alhamdulillah selama 3 hari di Bali, saya makan tidak merasa mangmang kalau bahasa sunda mah, atau ragu-ragu masalah kehalalan. Untuk menu di hotel juga, kami meminta menu seafood dan ayam.
Selain bahan baku yang halal, proses pembuatannya juga harus halal, seperti alat-alat untuk memasaknya harus yang halal.
Jadi untuk muslim yang hendak berlibur atau wisata ke Bali jangan khawatir ya masalah makanan, dan terima kasih kepada semua pengusaha restoran muslim yang sudah menyediakan makanan halal untuk kami wisatawan yang mayoritas muslim. Insya Allah usahanya berkah dan sukses.