Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 22 Oktober 2016

Waspada Sejak Dini Penyakit Diabetes


Ada salah seorang teman kantor yang menderita diabetes, kondisinya sekarang sangat memprihatinkan. Kaki kanan sudah diamputasi dan matanya mulai rabun. Melihat fenomena tersebut, saya dan teman-teman di kantor rajin periksa gula darah, kebetulan jarak kantor dan Lab tidak begitu jauh. Selain untuk mengetahui kadar gula darah, saya juga jadi tahu kalau kolesterol saya sudah melebihi batas normal, 219 mg/dl. Dengan begitu jadi warning mulai stop makanan yang membuat kolesterol naik. Tapi saya mulai kepo dengan masalah diabetes, karena salah satu orang yang beresiko terkena Diabetes Melitus adalah orang yang kolesterol tinggi.

Penderita diabetes di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, mungkin salah satunya karena mereka tidak tahu gejalanya sehingga berlarut-larut dan tidak cepat ditangani.

kalau orang tua dulu bilang diabetes itu penyakit kencing manis, jadi untuk mengetahui apakah kita menderita diabetes atau tidak, dengan cara melihat urin kita kalau di kerubungi semut, berarti kita menderita kencing manis. Kalau sudah ada tanda-tanda itu segera periksa gula darah dan konsultasi dokter untuk menghindari komplikasi dari penyakit diabetes ini.

Sebenarnya apa saja gejala klinisnya penyakit diabetes itu?
1.  Berat badan turun terasa lemah dan mudah lelah, sering merasa haus dan sering buang air kecil.
2.  Sering kesemutan, sering gatal tanpa sebab, kulit mengering, luka yang tidak dirasakan, gairah sex menurun.
3.  Setelah komplikasi terjadi gangguan pada pembuluh darah mata, pembuluh darah otak (stroke), pembuluh darah jantung (jantung koroner), pembuluh darah ginjal (gagal ginjal) dan pembuluh darah kaki.
Tips tentang kesehatan berikut mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi penderita diabetes
1.   Mengontrol kadar glukosa darah secara rutin di laboratorium.
2.   Mengatur pola makan, dianjurkan mengandung unsur yang lengkap terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan air. Kurangi konsumsi gula dan garam, gunakanlah pemanis rendah kalori atau buah-buahan untuk memberikan rasa manis. Tropicana Slim merupakan salah satu gula rendah kalori yang dianjurkan untuk penderita diabetes
3.   Olahraga secara teratur, karena dengan berolahraga bisa menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan pembakaran glukosa dan peningkatan kadar insulin.
4.   Melakukan pemeriksaan mata, urin dan kaki secara rutin.
5.   Edukasi terhadap diri sendiri, intinya penderita diabetes harus disiplin terhadap diri sendiri.
6.   Terapi diabetes dengan cara berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
Mudah-mudahan semua pembaca blog ini sehat selalu dan panjang umur, salam.

Jika ada yang punya pengalaman tentang penyakit ini, bisa komen di bawah ya.   
2

2 komentar:

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!