Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 24 Maret 2019

Bawang Lanang Penurun Kolesterol


Sejak zaman dulu bawang putih sudah menemani para ibu-ibu di dapur sebagai bumbu masakan. Namun belum banyak orang mengetahui kalau  bawang putih ini banyak khasiatnya. Terutama bawang Putih Lanang/ tunggal. Kenapa di sebut lanang karena bawang ini bentuknya bulat hanya satu siung tumbuh bergelantung di batang pohon.  Warnanya putih  bersih.
Konon rahasia kesehatan orang China karena mereka selalu mengkonsumsi bawang putih baik yang dimasak ataupun yang mentah. Terlepas dari akibat bawang putih ini menyebabkan bau badan.
Bawang putih ini mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu, bawang putih tunggal mengandung allicin sebagai antikolesterol. Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini juga dapat mencegah penggumpalan darah.
Walau bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak. Pada 1981, peneliti dari Pusat Riset Obat-obatan di Tagore Medical College, India, melaporkan efek bawang putih mentah dan goreng yang diujicobakan pada 20 pasien dengan riwayat penyakit jantung. Menurut laporannya, terdapat pengurangan kecenderungan pembentukan bekuan darah pada pembuluh darah mereka. Ini ditunjukkan oleh aktivitas fibrinolitik yang meningkat. Penelitian juga mengemukakan, khasiat memang sedikit berkurang bila bawang digoreng, tapi tak terlalu bermakna. Jadi pandangan umum yang menyatakan bawang putih akan kehilangan efeknya bila dimasak adalah salah.
Khasiat bawang putih juga bergantung pada tempat tumbuhnya. Bawang putih yang tumbuh di tanah kaya selenium akan mengandung selenium yang tinggi pula sehingga manfaatnya sebagai obat antipenuaan akan lebih terasa.
Berikut Khasiat dan kegunaan Bawang putih lanang
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol dalam darah bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner.
  • Pencegah kanker. Kangker menjadi penyakit  yang sangat menakutkan, karena penyakit ini bisa mematikan. Ngeri ya, jaga kesehatan kan lebih baik daripada mengobati
  • Mengobati flu. Jangan remehkan sakit flu, bisa sembuh juga dengan bawang putih ini.
  • Alat kontrol penderita diabetes. Seperti kita ketahui, penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini seringkali membuat mereka mudah lemas dan tidak bersemangat. Bawang putih tunggal yang dimasukkan dalam olahan makanan santapannya mampu meningkatkan stamina sehingga manfaat makanan yang baik bisa didapat.
  • Bagi yang mempunyai sakit maag. Bagi yang suka menunda makan, daripada maagnya kambuh konsumsi bawang lanang mentah bisa mengurangi sakit maag.
  • Selain itu, bisa mengatasi asma, masuk angin, dan batuk. Caranya mudah campurkan bawah putih lanang halus dengan madu minum setiap hari ya!
  • Obat Cacing, karena mengandung disulfida yang berperan sebagai anti bakteri
Pokoknya manfaat dari bawang lanang ini banyak sekali, tak heran banyak orang yang membuat dalam bentuk kapsul, supaya memudahkan untuk mengkonsumsi.

Bagaimana yang tidak suka bawang? Tenang ada makanan yang lain yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yuk kita intip apa saja!
TEMPE – Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol. Tempe mengandung niacin 5 x lebih banyak daripada kedelai. Selain juga mengandung isoflavon yang sudah teruji bisa menurunkan kolesterol.
TEH
– Menurut penelitian, EGCG (epigallocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Artinya dengan mengonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, risiko penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung dapat dikurangi.
ANGGUR
– Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol.
APEL
– Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.
ALPUKAT
– Selama ini avokad dikenal kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi manakala kolesterol sedang tinggi, padahal avokad sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.
BLUEBERRY
– Buah blueberry mungkin dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Karena penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika dengan menggunakan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol.
IKAN – Ikan sangat kaya asam lemak tak jenuh (omega3). Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
Itulah sharing dari saya yang sempat naik kolesterolnya, saya sempat kalang kabut karena kolesterol karena perasaan tidak enak, dan leher telurasa berat. Sebelum minum obat ini itu penurun kolesterol lebih baik jaga makanan dulu, karena obat itu lambat pasti ada efek sampingnya.

Salam


0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!