Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 24 Maret 2019

Es Teh Manis, Amankah Di konsumsi



Es teh manis sangat disukai tua dan muda, termasuk saya. Kalau makan di warteg pasti minumnya es teh manis. Udah makan nasi, langsung minum es teh manis rasanya seger. Tapi tahukah Anda bahaya es teh manis, apalagi jika diminum setelah makan nasi? Eits yuk kita simak penjelasan berikut.
Minum teh telah menjadi tradisi  di kalangan masyarakat Tionghoa.  Dan di negeri  Cina, budaya minum teh dikenal sejak 3.000 tahun sebelum Masehi (SM), yaitu pada zaman Kaisar Zheng Nung berkuasa. Bahkan, berlanjut di Jepang sejak masa Kamakaru (1192 – 1333) oleh pengikut Zen.
Tujuan minum teh, agar mereka mendapatkan kesegaran tubuh selama meditasi yang bisa memakan waktu berjam-jam. Pada akhirnya, tradisi minum teh menjadi bagian dari upacara ritual Zen. Selama abad ke-15 hal itu menjadi acara tetap berkumpul di lingkungan khusus untuk mendiskusikan berbagai hal. Masyarakat Tionghoa meyakini teh dapat menetralisir kadar lemak dalam darah, namun untuk hal ini belum ada penelitian yang membuktikan khasiat teh secara ilmiah. Mereka juga percaya, minum teh dapat melancarkan buang air seni, menghambat diare, dan sederet kegunaan lainnya.
Di Indonesia sendiri tradisi minum teh sudah ada sejak dulu kala. Saat santai dan berkumpul dengan keluarga paling enak kalau ditemani dengan teh hangat. Tradisi minum teh juga terjadi di keluarga suami saya, setiap pagi dan sore sudah rutin minum teh hangat, dan bila ada tamu juga kita menemani minum teh. Kalau dihitung-hitung sehari bisa lebih dari tiga kali minum teh, apalagi kalau lagi banyak tamu.
Diantara manfaatnya yaitu,  Es teh merupakan taruhan yang lebih aman dibandingkan dengan minuman soda. Es teh memberi hampir semua manfaat teh normal meski dalam jumlah yang lebih sedikit. Es teh tidak manis lebih bermanfaat daripada es teh manis. Es teh hijau akan memberikan semua manfaat dari teh hijau yang normal, selain menjadi minuman dingin menyegarkan, Memilih es teh lebih aman ketimbang mengonsumsi minuman ringan bersoda.. Es teh mengandung beberapa antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Antioksidan membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung dan juga mengurangi kemungkinan kondisi peradangan. Es teh seperti halnya teh panas, membantu dalam memerangi bau mulut dan plak. Es teh telah terbukti membantu orang dengan tekanan darah tinggi, karena bertindak sebagai antibiotik. Jika Anda memilih es teh hijau, maka ada lebih banyak manfaat teh dibandingkan dengan es teh hitam. Es teh seperti ini lebih baik untuk program penurunan berat badan dan untuk mencegah gigi berlubang, dibandingkan es teh biasa.
Lalu apa saja bahaya mengkonsumsi es teh manis
1.      Bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas, dan obesitas bisa menimbulkan penyakit komplikasi.
2.      Menyebabkan diabetes, gula dalam es teh manis bisa menyebabkan gula dalam darah naik.
3.      Meningkatkan resiko darah tinggi, es teh mengandung kafein, walau pun kadarnya tidak seperti dalam kopi.
4.      Bila mengkonsumsi es teh manis setiap hari akan membuat kafein dalam tubuh menumpuk, akibatnya Anda akan sering haus dan dehidrasi.
5.      Menyebabkan penyakit batu ginjal, karena dalam es teh terdapat konsentrasi oxalate yang merupakan penyebab paling tinggi penyakit batu ginjal.
6.      Menyebabkan gagal ginjal, kristal oxalate yang terlalu tinggi bisa menyebabkan batu ginjal.
7.      Sakit perut jika air dan es yang digunakan mengandung bakteri.
Lalu bagaimana caranya untuk mengkonsumsi es teh yang sehat. Terutama anak-anak tidak bisa dilarang untuk  membeli es teh kemasan. Jelas es teh kemasan lebih berbahaya karena kandungan pengawet di dalamnya.
1.      Gunakan air bersih dan masak untuk membuat teh dan es batu
2.      Gunakan gula asli jangan gula biang.
3.      Berikan sedikit lemon.

Itulah sharing kita mengenai minuman sehat. Menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Salam
2

2 komentar:

  1. Saya termasuk peminum es teh manis, lebih kepada es/dinginnya ketimbang teh/manisnya hahaha. Terimakasih tipsnya, Kak. Kadang memang kalau es batu yang dipakai itu tidak dimasak/matang bisa bikin sakit perut.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!