Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 06 November 2016

Berbeda Jangan Sampai Bermusuhan


Karena perbedaan itu hidup ini menjadi indah, seperti laki-laki dan perempuan yang diciptakan berbeda.  Apalagi kita hidup bernegara, yang bermacam-macam suku ras, agama dan kebudayaan. Menyikapi Aksi Damai 411 di Jakarta,  saya  hanya ingin menulis hikmah dibalik kejadian aksi tersebut.
Saya bukan orang pintar, saya hanya wanita biasa yang masih punya banyak kesalahan. Hanya ingin meluruskan kesimpangsiuran yang terjadi di media sosial. Karena di media sosial banyak yang share kalau ini ada muatan politiklah, kalau ini ingin menggulingkan pemerintahlah, ingin mengusir Cina dan keristen.
Ketahuilah bahwa islam itu cinta damai, agama yang santun, agama yang sangat  toleransi, tidak suka kekerasan.  Saya berteman dengan listas agama, selama ini hubungan kami baik-baik saja, kami saling toleransi.  tapi  disaat ulama dan saudara-saudara seakidah dengan saya sedang melakukan demo di Istana presiden, jelas  saya  berada di barisan ulama dan guru-guru saya walau pun saya tidak turun kejalan, hanya bisa berdoa di rumah mudah-mudahan  semua mujahid dan mujahidah bisa  kembali dengan selamat.
Isu bahwa aksi damai tersebut ditunggangi aktor politik, itu  belum terbukti, karena yang hadir saat itu sekitar 3 juta jiwa, partai politik mana yang bisa menghimpun masa sebanyak itu. Justru umat islam selalu terpecah belah jika urusannya politik, tuduhan ingin mengusir Cina dan kristen, itu pun tidak terbukti, tujuan demonstran hanya satu minta keadilan  pada penista Al Quran.  Bahkan ada seorang pemuka agama lain yang turut membantu logistik dalam aksi damai, juga ada etnis Tonghoa yang ikut aksi memungut sampah bergabung dalam barisan.  Mereka bahu membahu berdampingan. Ini yang saya lihat di media sosial lho.
Tapi yang disayangkan ada banyak orang munafik yang menyebar  berita viral yang simpang siur di timeline facebook,  untuk mengimbangi berita-berita  tersebut saya juga mengshare  berita-berita yang menurut saya lebih akurat. Tidak ada maksud untuk menyakiti siapa pun, agama apa pun.  Tapi jika memang tidak sependapat dengan saya, tidak usah minta izin dulu unfriend saja langsung.  Sama halnya dengan saya jika ada yang buat hati panas dengan postingan seseorang, buat apa pertemanan di pertahankan.   
Oh ya judulnya kan ingin menuliskan hikmah di balik kejadian aksi damai 411, umat islam itu sulit bersatu, selalu terpecah belah suaranya tapi dengan kejadian ini semua umat bersatu, saya  ucapkan terima kasih kepada Pak Ahok yang telah mempersatukan umat islam. 
Hikmah kedua, kita bisa tahu kualitas pemimpin kita. Kita rindu pemimpin yang bisa dibanggakan.  Semua umat islam kecewa dan sedih melihat para ulama yang sudah datang jauh-jauh diabaikan begitu saja. 
Aksi damai dan bermartabat ini sebagai sejarah di Indonesia, islam pernah bersatu membela akidah. Dan sayang jika aksi ini tidak saya tuliskan sebagai  bahan bacaan  kelak  anak cucu saya. Jika yang tidak sependapat bisa menulis juga sesuai pendapatnya. Salam perdamaian piis.
Islam agama rahmatan lilalamin, percayalah kami tidak akan mengusik jika tidak diusik. Tidak akan ada asap, jika tidak ada api. Salam damai


0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!