Memberi dan Menginspirasi

Kamis, 30 Januari 2020

Menjaga Kesehatan dengan Menjaga hati tetap bahagia


Tahukah Anda jika hati sedang sedih, pasti kesehatan secara otomatis menurun. Apabila kondisi mental sedang badmood akan berpengaruh juga dengan kondisi fisik. Oleh sebab itu saya punya cara sendiri agar tetap sehat menuju kepala empat  dengan menjaga hati tetap bahagia.
Memasuki  usia kepala empat memang tidak bisa dipungkiri banyak terasa keluhan di tubuh, apalagi kita makan apa saja dan jauh dari pola makanan sehat. Seperti sering makan junkfood, makanan serba instan dan juga banyak mengandung pengawet. Tapi saya punya terapi tersendiri untuk mengurangi stress agar hidup bahagia. Karena tujuan hidup kita adalah menjadi orang bahagia, buat apa harta banyak tapi tidak merasakan bahagia, betul apa betul?
Pertama yang saya lakukan adalah menerima diri ini apa adanya, terimalah diri Anda apa adanya baik kekurangan mau pun kelebihannya. Dengan menerima diri apa adanya Anda akan merasa percaya diri, dan dengan percaya diri bertambahlah kebahagiaan Anda.
Kedua : membuang prasangka buruk dan tetap berpikir positif. Prasangka buruk akan membuat diri kita menjadi was-was dan khawatir. Cara terbaik adalah dengan berpikir positif dan jangan terlalu memusingkan hal yang belum terjadi.
Ketiga : istirahat dengan cukup. Jika tubuh sudah lelah itu adalah kode kita harus istirahat. Jangan biarkan tubuh kita diporsir untuk bekerja. Karena sejatinya tubuh itu juga mempunyai hak untuk istirahat. Dan biarkan tubuh dan organ-organ lainnya beristirahat. Istirahat yang terbaik adalah dengan tidur. Tidak perlu tidur lama, yang penting tidur itu berkualitas.
Jauhi penyakit hati: iri hati, dengki dan serakah. Tiga penyakit ini akan membuat hidup Anda tidak bahagia. Percayalah. Jauhi sifat iri hati dan cemburu dengan apa yang orang lain miliki. Percaya saja rezeki tidak akan tertukar. Dengan begitu kita juga tidak akan serakah. Ingat ya Allah tidak suka dengan orang yang serakah.
Melakukan banyak kegiatan sosial, hal ini bisa membuat kita lebih bahagia. Contoh ikut kegiatan bakti sosial, memberikan santunan kepada orang yang membutuhkan. Biasanya ada kebahagiaan tersendiri ketika melihat orang lain bahagia.
Selanjutnya menyalurkan hobi, karena hobi saya menulis ya saya rajin lah menulis. Dengan menulis hati terasa bahagia dan plong. Apalagi kalau hobi ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, pasti akan lebih membuat bahagia.
Lakukan hal yang membahagiakan. kalau memang Anda bahagia setelah shoping, maka lakukanlah shoping. Asalkan jangan kebablasan dan harus sesuai dengan kemampuan. Kalau saya merasa bahagia setiap kali membeli perhiasan emas. Maka saya kalau lagi suntuk, pergi ke toko emas atau pegadaian untuk membeli cincin atau gelang yang saya mau.  
Jangan lupa berlibur, sekali-kali libur dengan keluarga sangat bagus, selain bisa mendekatkan diri dengan keluarga berlibur juga akan membuat hati lebih bahagia. Apalagi jika Anda bekerja dari pagi hingga malam, manfaatkan waktu liburan untuk bersenang-senang dengan keluarga.    
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!