Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 12 Januari 2020

Pengalaman Membuka Deposito Bank Syariah Mandiri


Sebenarnya sudah lama ingin menulis ini, tapi karena kesibukan pekerjaan dan saya termasuk blogger malas nulis he…he… jadi baru kali ini saya tuliskan pengalaman membuka deposito di Bank Syariah Mandiri.
Alasan saya memilih deposito dan bukan investasi lainnya karena deposito termasuk jenis investasi yang mudah dan minim resiko, walaupun bagi hasilnya kecil dan tidak sesuai dengan inflasi. Ya tapi ini termasuk investasi jangka pendek yang bisa dilakukan dari pada uang mengendap di tabungan. Saya pernah beli emas batangan atau logam mulia, tapi kalau untuk jangka pendek investasi emas sangat tidak dianjurkan. Emas itu investasi jangka panjang. Karena harga beli emas tidak sama dengan ketika mau menjualnya. Jadi kalau untuk jangka panjang, marginnya lumayan.
Kenapa saya memilih deposito bank Syariah mandiri, pertama karena saya sudah memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri,  kedua deposito di bank syariah menetramkan jiwa, sistemnya sesuai syariah dan membawa keberkahan. Dan yang ketiga setelah survey beberapa bank syariah, yang menawarkan bagi hasil tinggi tertinggi adalah Bank Syariah Mandiri.
Cara daftar deposito Bank Syariah Mandiri tidak sulit, Anda cukup datang ke Bank Syariah Mandiri dengan membawa KTP dan buku tabungan jika sudah punya rekening di bank tersebut. Saya datang ke cabang yang di Jati Negara, kebetulan tidak jauh dari kantor. 5 menit dengan ojek online sudah sampai ke TKP.
Saya diterima dengan ramah oleh petugas Bank, setelah mengantri tibalah giliran saya duduk di depan customer service. Hanya butuh beberapa menit untuk mengisi formulir, dan menandatanganinya di atas materai. Tara…akhirnya saya punya deposito di bank. Jumlahnya tidak banyak sih hanya 30 juta, dan sekarang setelah 3 bulan berlangsung bagi hasilnya sudah sekitar 300 ribuan lebih. Kecil ya…tapi masih lebih untung jika kita menyimpannya di rekening tabungan.
Sangat banyak jenis investasi diluaran yang menawarkan kemudahan, tapi dengan memilih bank syariah harta yang kita titipkan digunakan untuk membiayai usaha produktif yang halal. Pembagian keuantungan dilakukan dengan bagi hasil atau nisbah dengan akad mudharabah insya Allah sesuai dengan kaidah hukum islam.
Oh ya deposito juga bisa digunakan sebagai jaminan kita untuk meminjam dana bank. Semisal kita butuh dana untuk usaha dan lain-lain. Semoga berkah ya bertransaksi di bank syariah. Amiin ya robbal alamiin.
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!