Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 01 Februari 2020

Berumrohlah saat masih muda


Tulisan ini lebih tepatnya untuk menyemangati diri agar semangat menabung buat umroh. Karena walau pun tulisan ini sebagai ajakan, bukan berarti saya udah umroh. Saya juga belum, tapi insya Allah jika Allah mengijikan dalam waktu dekat, mudah-mudahan Allah mudahkan semuanya untuk umroh. Amiin ya Robbal alamiin.
Keinginan untuk berkunjung ke rumah Allah, beribadah di sana dan menikmati jamuan-Nya adalah keinginan setiap muslim. Tapi keinginan itu ada yang sungguh-sungguh dan ada yang hanya di mulut saja. Jika orang yang bersungguh-sungguh, pasti lah akan berusaha dan berdoa dengan sungguh-sungguh pula.
Sekali lagi ibadah umroh bukan hanya milik mereka yang punya banyak harta, ada kalanya yang punya banyak harta tidak ada keinginan untuk menjuju ke sana, karena mereka disibukkan dengan urusan dunia dan akhirnya melalaikan untuk melaksanakan ibadah yang satu ini. Mudah-mudahan saya dan keluarga dijauhkan dari sifat seperti ini.
Ibadah umroh termasuk ibadah yang berat, karena banyak yang harus dikorbankan, sudah jelas kalau harta, bukan sedikit yang harus dikeluarkan. Tapi juga yang tak kalah penting adalah pengorbanan waktu. Biasanya kaum muda-muda, pengusaha muda dan eksekutif muda kesulitan membagi waktu. Ada waktu yang harus dikorbanin, merasa takut meninggalkan kesibukan duniawi.
Terus terang termasuk saya sebagai seorang pekerja, sangat sulit untuk mengatur waktu kapan harus cuti untuk pergi umroh. Karena jika melihat kegiatan kantor tidak ada habisnya. Jadi setiap tahun selalu diajamkan, mudah-mudahan tahun ini bisa berumroh, tapi hal itu terkalahkan dengan kesibukan.
Saya merasa malu sekali dengan kisah yang viral, seorang guru honorer yang Allah mampukan untuk berumroh karena kesungguhannya menabung di langit dan menabung di akhirat. Kisah guru honorer itu sangat menginspirasi, ketika ia rindu Mekkah, ia bersungguh-sungguh membuka tabungan haji, membuat pasport padahal tabungannya masih jauh dari kata cukup. Mempelajari doa-doa umroh, melihat youtube tata cara umroh, ngeprint barang apa saja yang harus dibawa saat umroh. Dan dengan tak disangka-sangka Allah mencukupkan ongkos untuk umroh karena ada dermawan yang mau mengumrohkan guru honorer.
Padahal kalau dibilang saya mampu untuk berumroh, saya mampu, gaji saya berlipat-lipat lebih besar dari guru honorer tersebut, terkadang saya juga dapat banyak kegiatan dan proyek. Tapi Allah belum mengundang ke baitullah karena belum melihat keusngguhan ku. Astagfirullahal adzim.
Setelah membaca kisahnya, aku lakukan satu-persatu yang guru honorer itu lakukan, yang utama adalah banyak menabung di langit, yaitu bersedekah dan niatkan ingin ibadah haji atau umroh. Dan saya juga mulai buka youtube tentang umroh jika di waktu senggang. Kalau untuk buka tabungan haji dan buat pasport insya Allah dalam waktu dekat ini saya akan urus, begitu ada kesempatan keluar kantor sebentar untuk ke bank dan mengurus pasport.
Ada banyak keutamaan ketika kita melakukan ibadah umroh di saat muda:
1.      Ibadah haji atau umroh merupakan ibadah fisik. Mulai dari kita di perjalanan yang jauh, melakukan thawaf dan sa’I, lalu mengunjungi tempat jiarah, pasti memerlukan fisik yang kuat. Anak muda pasti memiliki fisik yang lebih fit dan sehat. Selain kita beribadah kita juga bisa traveling dan kulineran.
2.      Pahala yang besar, ketika kita maksimal ibadah di tanah suci dan melakukan ibadah dengan khusuk, pasti pahala dan berkah Allah berikan kepada kita.
3.      Daya ingat, ibadah umroh memerlukan daya ingat untuk melafalkan doa-doa. Orang yang masih muda tentu daya ingatnya lebih kuat dengan orang tua.
4.      Jiwa petualang yang tinggi, sudah saya sebutkan di atas, kalau masih muda tentu ingin menjelajahi tempat-tempat bersejarah lebih banyak dan bisa kulineran tanpa khawatir dengan pengarauh kesehatan.
Mudah-mudahan pembaca semua, menjadi tamu Allah dan mendapat jamuan terbaik dari Allah di Tanah suci. Amiiin.
    
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!