Memberi dan Menginspirasi

Selasa, 27 Februari 2018

Sederet Keindahan Banda Neira, Tempat Wisata yang Tiada Habis di Kepulauan Banda



Sumber: travelingizzy.com
Ada banyak tempat indah di Indonesia yang mungkin belum terjamah wisatawan. Berbeda dengan Banda Neira, meskipun untuk mencapainya dibutuhkan ketelitian ekstra, bukan hanya kepuasan menikmati alam yang didapat dari sana. Menapak ke Banda Neira, bisa dicapai dengan memesan tiket Citilink dari Jakarta ke Ambon lalu dilanjutkan dengan penerbangan yang belum memiliki jadwal tetap karena alasan teknis dan situasi cuaca. Apabila menumpang kapal Pelni, dari Ambon menuju Banda Neira ditempuh selama 12-13 jam yang panjang. Apakah sepadan lamanya perjalanan dengan indahnya destinasi yang ada di Banda Neira? Tentu!
Ke Banda Neira Artinya Mendaki Gunung Api Banda
Sumber: indonesiatravelingguide.com
Pada bulan April tahun 2017, Gunung Api Banda mencapai level waspada hingga aktivitas penduduk wajib menyingkir dalam radius 1 kilometer dari puncaknya. Letusan terakhirnya sendiri terjadi pada bulan Mei tahun 1988, menghasilkan kolom abu dengan ketinggian 3-5 kilometer. Saat level waspada, kamu memang tidak boleh mendaki gunung api ini. Tapi saat aman, tidak ada salahnya menyeberang ke pulau tempat Gunung Api Banda berada dengan perahu kecil bermuatan 3-4 orang sesaat setelah waktu subuh. Inilah waktu terbaik mendaki Gunung Api Banda untuk melihat pemandangan Banda Neira yang luar biasa cantiknya.
Jejak Portugis di Benteng Belgica

Sumber: wikipedia.com
Banda Neira memang merupakan kota warisan dari penjajahan Portugis dan Belanda. Kota ini menghasilkan beberapa rempah penting yang berharga jaman lampau. Oleh karena itu kota ini memerlukan benteng untuk menyimpan senjata sekaligus sebagai penjara. Nama benteng ini pernah berganti dua kali sebelum akhirnya ditetapkan menjadi Benteng Belgica. Ada menara pandang di setiap sisi benteng untuk melihat kepulauan Banda dengan lega. Bangunan yang berdiri sejak 400 tahun lalu masih berdiri kokoh di Banda Neira.
Lava Flow, Dive Spot Terbaik di Banda Neira

Sumber: twitter.com @malukusatudar4h
Tidak hanya kaya dengan rempah, Banda Neira juga memiliki surga bawah laut dengan terumbu karang yang indah. Salah satu spot terbaiknya ada di Lava Flow yang sudah dikenal para penyelam internasional untuk menikmati pesona bawah lautnya. Tidak bisa berenang dan takut menginjak terumbu karang, ada baiknya kamu cukup snorkeling dan berenang di permukaan saja.
Objek Wisata Sejarah di Banda Neira
Di sini kamu bisa menemukan rumah pengasingan Bung Hatta. Ada juga rumah pengasingan Sharir St, Iwakusuma Sumantri dan dr Cipto Mangunkusumo yang membuatmu harus belajar kembali tentang sejarah di tanah buangan Banda Neira untuk memahami kenapa mereka sampai diasingkan di sini. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari peninggalan jaman kolonial di Museum yang bernama Rumah Budaya Banda Neira.

Sumber: nationalgeographic.co.id (Uwi Hadjid)
Kamu juga bisa menjumpai miniatur istana negara yang disebut Istana Mini, sebuah bangunan tempat tinggal gubernur VOC pada masa penjajahan di Banda Neira. Walaupun mini, bangunan ini satu-satunya yang berukuran besar di kawasan ini, lengkap dengan 'halaman' pantai dan pemandangan Pulau Banda Besar di kejauhan.

Kapan Waktu Terbaik Traveling ke Banda Neira?
Dengan kekayaan sejarah dan keindahan alamnya, daya pikat Kepulauan yang termasuk dalam wilayah administrasi Maluku Tengah ini memerlukan strategi khusus untuk dapat menikmati secara penuh. Tipsnya adalah ketahui dulu kondisi cuaca yang sedang terjadi di Banda. Cari tahu juga acara apa yang sedang dan akan dilangsungkan di sini sehingga liburanmu semakin sempurna karena dapat terlibat agenda warga setempatnya.
Sumber: instagram.com @fede_lena
Untuk yang menyukai acara festival warga, waktu terbaiknya adalah bulan November. Bagi yang menyukai daya tarik alam Banda Neira, agendakan waktumu di akhir September hingga pertengahan Desember. Hindari berkunjung pada bulan Maret, April dan Mei, karena cuaca cenderung buruk sehingga tidak banyak moda transportasi yang bisa membawamu ke Banda Neira.
Yup, meski tersembunyi di Maluku Tengah sana, Banda Neira tidak pernah habis pesona wisata nya bukan?
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!