Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 25 Februari 2018

Peluang Karir Sarjana Hukum

 
Kuliah di jurusan ilmu hukum sama sekali bukan minat saya, sepertinya seperti terjebak pada situasi yang sangat tidak menyenangkan. saat itu hanya ada dua pilihan, lanjutin kuliah atau berhenti, karena untuk pindah jurusan sangat tidak mungkin setelah banyak biaya yang keluar. Walaupun susah payah dan harus prihatin karena tidak ada biaya, akhirnya lulus juga dan berhasil diwisuda dengan IPK standar, masih di atas 3. Ternyata banyak diantara teman-teman saya yang seangkatan kena Drop out, saya juga kurang mengerti penyebabnya, saat itu saya sudah lulus dan jarang sekali ke kampus. Dengar-dengar katanya ada peraturan baru, teman-teman mungkin pada santai saat skripsi Karena tenggang waktu sampai semester 14, eh ternyata diberlakukan peraturan baru, entahlah saya juga kurang tertarik untuk mencari tahu peraturan baru itu, yang jelas angkatan saya banyak yang tidak lulus, beruntung sekali saya cepat-cepat menyelesaikan skripsi dan lulus pada tahun ke 4. Saya sih pertimbangannya biaya, semakin lama kuliah, semakin banyak biaya yang harus keluar.
Setelah lulus saya lama menganggur dan menjadi ibu rumah tangga. Ucapan-ucapan dari tetangga pun berdatangan, sarjana kok nganggur, walau pun tidak sepenuhnya nganggur, saya nulis buku, artikel dan bisa dapat uang dari rumah, tapi tetangga kan nggak tahu lha wong saya kerjanya saat anak-anak sudah tertidur lelap. Jadi gelar SH itu bagi sebagian masyarakat menyebutnya Susah hirup alias madesu masa depan suram. Saya hanya menanggapi dengan senyuman, orang yang nyinyir tidak usah ditanggapi.
Ya elah jadi curhat, peluang karir Sarjana Hukum sebenarnya banyak, ini penting untuk yang kuliah jurusan ilmu hukum. Agar bisa menentukan mau jadi apa kedepannya.
1.        PNS. Banyak kementerian yang membuka peluang untuk Sarjana Hukum, jenjang karirnya pun jelas menjadi legal draftar, atau perancang perundang-undangan, analis produk hokum dan bisa berkarir di structural.
2.        Hakim. Jelaslah menjadi hakim syarat utamanya berlatar belakang pendidikan Sarjana hokum.
3.        Notaris.
4.        Jaksa.
5.        Pengacara
6.        Dosen
7.        Diplomat
8.        Konsultan hokum
9.        Polisi
10.     Birokrat
11.     Entrepreneur.


0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!