Memberi dan Menginspirasi

Kamis, 03 Agustus 2017

Doa Ibu Doa yang paling Mustajab



Sudah lama saya ingin menulis tentang ini, tapi karena waktunya emak-emak sangat terbatas. Pulang dari kantor badan sudah letih jadi kalau lihat kasur bawaannya ingin nempel terus di atasnya.  Mudah-mudahan hari ini saya bisa menyelesaikan  satu tulisan yang memang sudah lama mengendap di  otak untuk dan menari-nari di pikiran untuk segera dituangkan.
Masih seputar anak, anak adalah amanah  dari Allah. Selain materi,  mereka sangat memerlukan doa dari  orang tuanya.  Apalagi doa seorang ibu adalah doa yang paling mustajab bagi anak-anaknya. Jangan salahkan anak-anak jika hidupnya maaf-maaf saja susah. Jangan salahkan anak-anak jika ia kurang shaleh. Apakah Anda sebagai ibu, sebagai bapaknya sudah mendoakan dia untuk menjadi anak yang shaleh? Apakah  Anda sebagai orang tua sudah  mendoakan anak-anak agar ia bahagia di dunia mau pun di akherat. 

Kembali lagi ke orang tua, orang tua mana yang mau lihat anak-anaknya hidup susah, orang tua mana yang tak sedih lihat anaknya salah dalam bergaul. Oleh sebab itu sebagai orang tua selain kita bekali anak-anak dengan ilmu dan pemahaman agama yang benar, kita juga jangan pelit untuk mendoakan kehidupan anak-anak kita.
Yakin, doa orang tua adalah doa yang paling mustajab. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendoakan anak-anak kita. Yuk mari kita manfaatkan waktu mustajab untuk berdoa dikhususkan untuk anak-anak kita.
Waktu mustajab untuk berdoa :
1.      Pada hari Jumat,  hari jumat adalah salah satu hari yang agung,   oleh sebab itu menjadi hari yang mustajab untuk berdoa. Dalam hadist Rasulullah diterangkan bahwa barang siapa yang berdoa pada hari jumat, maka Allah akan mengabulkan doanya. 
2.      Pada hari Arafah.  Pada saat jamaah Haji sedang melakukan wukuf di Arafah tanggal 9 Djulhijah disarankan untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Ini berlaku bukan saja bagi yang melakukan ibadah haji. Namun bagi kita semua umat muslim. Nabi juga bersabda “Doa yang terbaik adalah pada saat hari Arafah.” (HR Tirmidzi)
3.      Pada bulan Ramadan. Bulan Ramadan bulan yang penuh berkah di dalamnya terdapat keutamaan-keutamaan. Bulan ini juga bulan di mana Al Quran diturunkan, Allah mengijabah doa-doa yang dipanjatkan pada malam-malam di Bulan Ramadan.
4.      Pada saat sahur.
5.      Pada saat setelah berbuka puasa.
6.      Ketika hujan turun
7.      Saat di perjalanan / safar.
8.      Di 1/3 malam.
9.      Di antara adzan dan iqomat.
10.   Setelah shalat.
11.    Saat sujud.
12.   Setelah khatam quran.
Itulah waktu-waktu mustajab untuk berdoa yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, doa terbaik untuk anak-anak kita agar kelak menjadi anak yang dibanggakan oleh orangtuanya. Tulisan ini hanya sebagai pengingat untuk saya pribadi, jika bermanfaat bisa di share ke yang lain. Mudah-mudahan kita menjadi orang tua yang tidak pelit doa untuk anak-anak. Seyogyanya kita bisa seperti sekarang ini adalah buah dari doa dan perjuangan orang tua.
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!