Memberi dan Menginspirasi

Jumat, 25 Agustus 2017

Tempat Wisata Kaya Sejarah di Bogor



  Untuk kamu yang sedang bingung untuk menentukan destinasi wisata menarik yang perlu dikunjungi untuk menghabiskan libur akhir pekan, Bogor bisa jadi pilihan yang menarik. Di Kota Hujan ini, ada banyak destinasi wisata alam dengan pemandangan yang cantik dan sejuk dan wahana hiburan berkelas dunia.

Selain itu, Bogor juga termasuk salah satu wilayah yang cukup bersejarah bagi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Alhasil, di Bogor terdapat banyak tempat yang kaya akan sejarah. Berkunjung ke tempat-tempat bersejarah tersebut tentu bisa membuat momen liburanmu menjadi terasa semakin berkesan. Soalnya, kamu bisa bermain sambil belajar tentang sejarah Indonesia sekaligus.

Kalau gitu tidak perlu menunggu terlalu lama, langsung saja kita ulas tempat wisata bersejarah mana saja yang terdapat di Bogor. Check this out.

     Kebun Raya Bogor
Tempat yang juga sering disebut Kebun Botan Bogor ini memiliki luas sekitar 87 hektare. Di dalamnya, terdapat sekitar 15 ribu jenis tanaman. Jadi sudah pasti kalau kawasan ini sangat sejuk, punya pemandangan yang menawan, Instagramable, dan kaya akan oksigen. Makanya, tempat ini cocok sekali buat kamu yang sedang merasa penat dan stres akibat rutinitas sehar-hari yang padat. Di Kebun Raya Bogor pun terdapat berbagai spot menarik seperti museum Zoologi, danau Gunting, monumen Laddy Raffles, jembatan merah, taman Meksiko, taman Astrid, Tugu Teijsman, laboratorium Treub, taman Sudjana Kassan, sampai griya Anggrek.

Kebun Raya Bogor juga punya sejarah sangat sangat panjang. Pembangunannya dimulai pada era era kerajaan Sunda saat pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi) pada tahun 1474. Waktu ini, kebun ini difungsikan sebagai Samida, yaitu taman atau hutan buatan untuk melestarikan lingkungan. Setalh berdiri bertahun-tahun, Samida ini pun terbengkalai selama beberapa abad.

Sampai era pendudukan Belanda, Taman buatan ini dibangun atas inisiasi sorang ahli botani bernama Prof. CGC, Reinwardt untuk membuat sebuat lokasi penelitian. Usulan ini pun dikabulkan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Batavia, GAGP Baron van der Capellen. Hingga akhirnya, berdirilah sebuah kebun botani di belakang Kantor Gubernur Hindia Belanda yang diberi nama S’ Lands Plantentuin te Buitenzorg. Inilah sebabnya mengapa di Kebun Raya Bogor terdapat banyak bangunan dengan gaya arsitektur khas Eropa Kuno.

Kebun botani ini pun terus berkembang sejak saat itu sampai sekarang. Kini, taman yang berganti nama menjadi Kebun Raya Bogor ini pun menjadi bagian dari kesatuan kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

     Kampung Budaya Sindang Barang
Tempat wisata yang satu ini punya sejarah yang jauh lebih tua dari Kebun Raya Bogor. Menurut pantun Bogor, kampung yang satu ini sudah berdiri sejak abad ke-7, yaitu pada jaman kerajaan Sunda. Di tempat ini, berbagai kebudayaan Sunda Bogor lahir dan banyak yang masih bertahan sampai sekarang. Segala macam kesenian Sunda pun dapat ditemukan di sini.

Namun, lokasi berdirinya kampung adat ini sedikit bergeser pada tahun 2006 dengan tujuan untuk melestarikan kampung ini dan budaya Sunda yang ada di sana. Dengan adanya upaya pelestarian ini, diharapkan agar generasi muda mau mengenal, belajar, serta merasakan salah satu budaya dan adat asli Indonesia ini.

Maka dari itu, tempat ini pun sekarang sudah menjadi salah satu tujuan wisata paling bersejarah di Bogor. Dengan datang ke kampung Budaya Sindang Barang, pengunjung bisa seolah di bawa ke masa lalu di mana segala proses kehidupan masih berjalan secara tradisional.

     Prasasti Batu Tulis
Pada jaman dahulu, Bogor adalah salah satu wilayah paling penting bagi kerajaan Sunda. Hebatnya, jejak sejarah dari kerajaan ini tertulis rapi dalam beberapa bongkah batu. Dalam tulisan tersebut, tertuang segala aktifitas penting yang terkait dengan kerajaan pada waktu itu, salah satunya adalah aktifitas pergantian kekuasaan.

Sampai sekarang, sejarah tersebut masih tersimpan rapi dalam batu-batu tersebut. Menariknya, kamu pun bisa melihat dan mempelajari langsung sejarah kerajaan Sunda di Bogor pada jaman dahulu. Soalnya, batu-batu yang bertuliskan sejarah penting kerajaan Sunda tersebut tersimpan dengan rapi dan aman dalam sebuah tempat yang disebut Prasati Batu Tulis yang ada di Bogor.

Selain ketiga tempat tersebut, masih banya tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi di Bogor. Ada Makam Raden Saleh, Kelenteng Hok Tek Bio yang berusia ratusan tahun, museum Peta, sampai museum Perjoangan.

Sekarang sudah tahun kan kalau Bogor adalah destinasi wisata yang mengasyikan karena menyediakan paket wisata yang super lengkap. Jadi tunggu apa lagi? Ayo ke Bogor sekarang. Untuk kamu yang berasal dari daerah yang cukup jauh dari Bogor, kamu hanya perlu Cari tiket pesawat promo menuju Jakarta. Selanjutnya, kamu tinggal menempuh perjalanan darat selama beberapa jam ke Bogor. Tapi sebelumnya jangan lupa, Booking hotel murah di Bogor di reservasi.com  agar kamu bisa mendapatkan penginapan yang diinginkan dengan penawaran harga terbaik.
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!