Memberi dan Menginspirasi

Rabu, 30 Januari 2013

Memenej Instalasi Listrik


Akhir-akhir ini banyak terjadi kebakaran yang salah satu penyebabnya adalah korsleting listrik atau hubungan arus pendek.  Bahkan  ada sebuah kejadian kebakaran karena satu colokan listrik / terminal listrik dipakai bermacam-macam. Ada dispenser, rice cooker, kulkas dan televise. Entah mana yang korslet hingga membuat satu ruangan habis terbakar, itupun karena cepat ada yang melihat dan berusaha memadamkan api, karena kejadiannya siang hari. Entahlah kalau kejadiannya malam hari disaat semua anggota keluarga sedang tidur, mungkin habis terbakar seisi rumah bahkan bisa merembet kerumah lainnya.
Oleh sebab itu marilah mulai sekarang kita memenej instalasi listrik yang ada dirumah kita. Sebaiknya satu rumah memiliki satu rekening listrik, ini akan mengurangi kabel yang berseliwuran diatap rumah. Colokan listrik dan kabel harus jauh dari jangkauan anak-anak. Jika ada kabel yang telah lama / usang, sebaiknya segera diganti. Kabel yang terkelupas harus segera dilapisi kembali. Jangan memakai satu colokan untuk berbagai kebutuhan. Sesuaikan juga daya listrk dengan kebutuhan kita. Jika hendak berpergian agak lama, cek semua aliran listrik, jangan sampai ada listrik yang masih menyala.
Selain memenej instalasi listrik           yang tak kalah penting adalah menghemat listrik, karena masih banyak saudara-saudara kita dipelosok           yang  belum merasakan pasokan listrik. Listrik memang memudahkan bagi kita, terutama ibu rumah tangga, dengan menggunakan listrik pekerjaan jadi lebih mudah, masak nasi, nyuci pakaian, masak air, pemanas / microwave, semua serba listrik. Bukan berarti tidak boleh menggunakan barang-barang tersebut, namun ada baiknya jika kita lebih berhemat penggunaan listrik. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap tagihan bulanan anda. Mulailah dengan saling mengingatkan antar anggota keluarga dalam hal penggunaan listrik. Contoh kecil mengatur jam main computer dan games bagi anak, mengatur jadwal nyetrika dll.  
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!