Memberi dan Menginspirasi

Jumat, 12 April 2013

Upaya Memiliki Anak Yang Cerdas


Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas dan sehat. Banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak diantaranya yaitu genetika atau factor keturunan. Namun faktor itu saja tidak cukup mendukung untuk memiliki anak yang cerdas.

Untuk memiliki anak yang cerdas dimulai ketika anak masih berada di dalam kandungan. Janin setiap saat mengalami pertumbuhan yang menakjubkan. Dibutuhkan banyak factor untuk membantu janin tumbuh secara maksimal di rahim ibu. Salah satu zat penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin adalah DHA ( Asam Dokosaheksaenoat ), EPA (Asam Eikosapentaenoat ), DHA dan EPA kita kenal juga sebagai Omega 3., AA ( Asam Arakhidonat ) atau Omega 6. Ketiganya adalah golongan asam lemak esensial tak jenuh yang sangat penting bagi perkembangan otak janin dan masa emas pertumbuhannya. Ketika didalam kandungan hubungan emosional anak dan ibu begitu erat, ibu dianjurkan untuk selalu mengajak anaknya bicara, atau mendengarkan music dan ini merupakan pengalaman saya sendiri ketika hamil, saya lebih sering membaca Al Quran dan memperdengarkan bacaan Al quran karena saya berharap anak saya kelak bukan saja cerda dan sehat tetapi sholeh, dan bisa hapal Al Quran.

Setelah anak lahir kedunia, seorang ibu juga dianjurkan untuk memberikan ASI kepada anaknya, karena kandungan DHA paling banyak terdapat pada ASI. Walaupun sekarang banyak susu formula yang mengandung DHA, namun ASI masih lebih baik.


Otak terdiri dari dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri, otak kanan melatih emosional dan otak kiri melatih logika, untuk pertumbuhan kecerdasan keduanya diperlukan asupan gizi yang seimbang dan stimulasi dari lingkungan sekitar. Di tiga tahun pertama otak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Karena dimasa ini otak lebih fleksibel dan bersedia untuk mempelajari sesuatu. Berat otak bayi ketika dilahirkan ialah 25% daripada berat otak orang dewasa. Ketika mencapai usia 3 tahun, otak bayi telah berkembang menjadi berjuta- juta sel (yang terdiri dari neurons dan sel-sel otak yang lain). Sel-sel ini kemudiannya bercampur untuk membentuk berjuta-juta “jalinan” (synapses). Jalinan antara sel ini kemudian membentuk pusat kawalan yang kompleks bagi perkembangan mental, emosi, fizikal dan spiritual.

Oleh karena otak bayi berkembang dengan aktif dan selalu berada dengan ibu bapanya, makanya orang tua memberikan pengaruh yang kuat terhadap perkembangan mereka. Apa yang disentuh, didengar dilihat oleh bayi akan membantu jalinan sel-sel otaknya. Oleh sebab itu orang tua harus memberi stimulasi dengan penuh kasih sayang agar perkembangan otaknya sempurna. Anak-anak yang dibesarkan tanpa ransangan yang sempurna biasanya memiliki otak yang lebih kecil dibandingkan dengan anak yang mendapat ransangan dan dibesarkan dengan penuh kasih sayang.
Stimulasi yang bisa diberikan pada anak diantaranya, dengan member i mainan , musik, bercanda dengan anak, bernyanyi dan lain-lain.

Kecerdasan pada anak bukan saja dalam hal akademisnya, para pakar menggolongkan ada 9 jenis kecerdasan dan satu tambahan yaitu kecerdasan spiritual. Namun para orang tua kebanyakan menganggap anak yang cerdas adalah anak yang unggul dalam bidang akademis. Jika anak kurang cerdas dalam bidang akademis, orang tua bisa mencari kecerdasan yang lain yang dimiliki anak. Diantaranya yaitu :
Cerdas Bahasa – cerdas dalam mengolah kata
Cerdas Gambar – memiliki imajinasi tinggi ,
Cerdas Musik – cerdas musik, peka terhadap suara dan irama
Cerdas Tubuh – trampil dalam mengolah tubuh dan gerak
Cerdas Matematika dan Logika – cerdas dalam sains dan berhitung
Cerdas Sosial – kemampuan tinggi dalam membaca pikiran dan perasaan orang lain
Cerdas Diri – menyadari kekuatan dan kelemahan diri
Cerdas Alam – peka terhadap alam sekitar
Cerdas Spiritual – menyadari makna eksistensi diri dalam hubungannya dengan pencipta alam semesta

Dua anak saya yang masih balita berbeda dalam kecerdasannya, Andi Nazar yang sulung suka beraktifitas fisik, seperti olahraga, main sepeda sedangkan Andi Citra adiknya cerdas dalam berkata-kata, mudah hapal, seperti sudah hapal angka 1 sampai 10 sudah bisa berhitung sampai sepuluh, sudah hapal surat Al fatihah. Bakat tersebut saya coba salurkan, kalau Andi Citra saya sering bawa bercerita dan memberinya buku-buku, sedangkan Andi Nazar saya belikan alat-alat olahraga mudah-mudahan kedepannya saya bisa masukkan ke klub sepakbola anak.

Vitamin Untuk Anak

Vitamin mineral sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan anak, terutama Vitamin A dan D. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan jaringan, mempertahankan sel epitel kulit, pertumbuhan tulang, gigi, dan pada mata penting untuk penglihatan. Vitamin D diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin D ini diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium di usus yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tulang.
Vitamin Seven seas dengan rasa jeruk sangat disukai oleh kedua anak saya, mereka selalu balapan kalau mau minum vitamin ini. Selain asupan gizi yang lain saya memang mempercayakan kepada seven seas untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya. Karena Vitamin Seven Seas lengkap, berikut kandungannya
• Mengandung TINGGI DHA (224 mg per 10ml / 20x lebih banyak dibandingkan produk competitor).
• Berasal dari Minyak Hati Ikan Cod di Perairan Atlantik sehingga bebas dari pencemaran.
• Mengandung Omega-3 yang membantu pertumbuhan otak, melindungi sel-sel otak, serta memastikan otak dan retina mata bekerja dengan optimal (membantu meningkatkan perkembangan otak).
• Mengandung vitamin A yang membantu kesehatan mata, memelihara pertahanan terhadap infeksi, ikut menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu pertumbuhan tulang.
• Mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor serta penting bagi kesehatan tulang dan gigi.
• Mengandung Sari Jeruk Asli yang disukai anak2, tanpa pengawet dan perasa buatan.
• Full Import dari UK (Inggris) dan berkualitas tinggi.

Tambahan MULTIVITAMIN
• Vitamin B6 : 0.7 mg
• Vitamin C : 35 mg
• Vitamin E : 3 IU
• Orange juice : 0.7 gr (tanpa zat pewarna)
Semua upaya saya lakukan untuk memiliki anak yang cerdas, ada satu lagi yang tak pernah saya lewatkan yaitu berdoa agar memiliki anak yang sehat dan cerdas serta sholeh, karena doa merupakan senjatanya orang muslim. Dengan berdoa kita akan diberi kekuatan dan ketabahan dalam mendidik anak sebagai amanah yang telah Allah berikan kepada kita.

Tulisan ini di buat dalam rangka lomba Blog Sevenseas

Sumber Bacaan
http://meniti-hari.blogspot.com/2008/05/perkembangan-otak-kanak-kanak.html
http://dr-anak.com/vitamin-dan-mineral-untuk-pertumbuhan.html
http://www.anakibu.com/anak/kesehatan-anak-anak/manfaat-dha-omega-3-dan-omega-6-bagi-ibu-hamil-dan-janin/
http://bidanku.com/index.php?/manfaat-dha-untuk-kehamilan-dan-buah-hati-anda#ixzz2Q0Sw95xl
http://www.sevenseas.co.id





0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!