Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 16 September 2017

Tips Mencuci Piring dan Gelas Plastik


Mencuci piring merupakan aktifitas rutin yang dilakukan para emak-emak, terkecuali mereka yang memiliki ART.  Seperti saya ibu dua orang anak, pasti cucian piring itu selalu ada, memang saya bekerja di luar rumah. Tapi saya juga mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah, karena kami tidak memiliki ART. Mungkin kalau anak-anak sudah besar, bisa dikerjakan masing-masing setelah selesai makan.
Memiliki dua krucil membuat wastafel  tempat cuci piring tidak pernah kosong, ada saja cucian, entah itu bekas makan, minum susu, atau tempat bekal anak-anak yang setiap hari harus diganti.   Ngomongin tempat bekal anak-anak saya punya tips mencuci piring dan gelas berbahan plastic agar tidak bau amis.  Piring dan gelas palstik  memang yang paling banyak digunakan di rumah, karena  praktis dan tidak mudah pecah, aman digunakan oleh anak-anak.  Tapi bunda juga harus selektif memilih bahan-bahan plastik, karena bahan plastik juga bermacam-macam. Ada yang aman digunakan untuk makanan da nada juga yang berbahaya.
Pengalaman saya mengurus anak laki-laki memang berbeda dengan anak perempuan, terkadang tempat bekal masih ada di tas hingga besok pagi baru dikeluarin. Akhirnya jadi sarang bakteri dan harus ekstra membersihkanya.  Kalau adeknya, setiap pulang sekolah ia simpan tempat makan kotor di tempat cuci piring. Di kasih tahu satu kali, ia langsung ngerti.
Berikut adalah tipsnya

1.     Menggunakan kopi, caranya adalah dengan menaburkan kedalam wadah plastic dan biarkan hingga baunya hilang.
2.    Lemon dan asam sitrat, caranya sama lemon juga berfungsi untuk membunuh kuman.
3.    Dengan menggunakan Koran, caranya basahi Koran bekas dengan air, lalu simpan di dalam wadah plastik selama 1 malam selanjutnya bilas dengan sabun  atau deterjen.
4.    Jika wadah plastic terkena  minyak, rendam dulu dengan air hangat yang diberi soda dan cuka.
Cara di atas memang sedikit ribet dan tidak praktis, bagi ibu-ibu yang bekerja seperti saya senang yang praktis dan efisien. Betulkan? Saya sarankan Anda menggunakan sunligt jeruk nipis, saya sudah lama menggunakan sunligt, dan memang terbukti sunligt membuat cucian bersih bebas bakteri.  Manfaat eksra jeruk nipis banyak sekali diantaranya adalah menghilangkan bau amis, mengatasi lemak yang membandel dan sebagai anti bakteri.  Jadi pekerjaan Anda mencuci piring dan gelas plastik menjadi lebih ringan dengan sunligt.  Dan dengan begitu banyak waktu yang bisa digunakan untuk aktifitas lain, itulah tips dari saya, pasti ibu-ibu juga punya pengalaman lain, yuk mari kita sharing di sini.  
1

1 komentar:

  1. Waini saya butuh banget. Kebanyakan peralatan makan saya dari plastik nih. Terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!