Memberi dan Menginspirasi

Selasa, 03 Januari 2017

8 Cara Agar Resolusi 2017 bisa terwujud


Saya termasuk orang yang rajin buat resolusi, setiap akhir tahun pasti ada oret-oretan resolusi  yang di buat.  Tapi resolusi hanyalah tinggal coretan di atas kertas saja, terkadang  tidak di barengi dengan ikhtiar yang nyata. Walaupun begitu dipenghujung tahun berikutnya pasti semangat buat resolusi lagi. Sebagai penulis resolusinya pasti tidak jauh dari capaian menulis buku solo,  jika di tahun 2015 saya menargetkan 10 buku tapi yang tercapai hanya 3 buku, di tahun 2016 saya hanya menargetkan 1 buku solo, dan hasilnya tidak ada satu pun buku yang terbit. Saya menargetkan 1 buku di tahun 2016 karena sudah berbeda kesibukannya.  Tapi saya ingin menulis buku yang memang berkualitas dan dibutuhkan pasar.
Menuliskan resolusi ada banyak manfaatnya, diantaranya sebagai penyemangat jika kita sedang lemah dan lesu. Sebagai pengingat, tapi sekarang saya tuliskan di blog, bukan untuk ria atau sombong.  Dengan menulis di blog  harapan  saya lebih banyak yang membaca dan mengaminkan, dan semua cita-cita bisa tercapai.
Resolusi saya  tahun 2017 juga masih sama menerbitkan satu buku anak yang fenomenal,  dan satu lagi saya ingin punya rumah tanpa riba di tahun 2017, saya bosan ngontrak rumah terus. Mudah-mudahan 2 resolusi saya tercapai.  Setiap cita-cita dan harapan keduniaan saya tuliskan, tak lupa juga saya tuliskan resolusi yang menyangkut ruhiyah.  Saya menargetkan capaian harian ibadah saya kepada Allah. Diantaranya sholat awal waktu,   sholat malam minimal 3 kali dalam sepekan, tilawah minimal 1 juz, menghapal  juz 29, murojaah juz 30, dan sedekah kepada fakir miskin dan anak yatim. Saya yakin dengan menjalankan ritual ibadah tersebut,    bisa mempercepat goal cita-cita keduniaan yang saya miliki.
Sebagai seorang istri dan juga ibu, saya juga punya target dan resolusi, saya   ingin lebih kompak bersama suami untuk menjaga keharmonisan  rumah tangga, dan kuncinya memang berada di tugas saya sebagai seorang istri yang bisa menentramkan rumah. Saya ingin ditahun ini menjadi ibu yang lebih banyak mendengar daripada bicara.
Saya akan terus berdoa dan berusaha untuk mewujudkan cita-cita tersebut, lalu untuk memiliki rumah tanpa riba di tahun ini apa saja yang sudah dan akan saya lakukan.
1.      Berhemat, hidup hemat sudah saya terapkan sejak lama. Saya selalu membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.
2.     Selalu membawa bekal ke kantor, membawa bekal makan siang bisa lebih menghemat pengeluaran selain itu juga lebih sehat.
3.     Kurangi belanja online. Banyaknya tawaran dari berbagai olshop terkadang membuat rekening kita kebobolan. Jadi waspadalah terhadap diskon olshop.
4.     Mencatat pengeluaran dan pemasukan secara rutin
5.     Membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket.
6.     Menambah penghasilan sampingan dengan tidak mengganggu pekerjaan inti. Pilihan saya tetap ngeblog dan nulis buku.
7.     Memperbanyak sedekah.
8.     Mencari KPR syariah dan merencanakan dengan matang berapa DP dan cicilan perbulan agar keuangan keluarga tetap sehat.
Itulah resolusiku 2017, amiinkan ya sobat!
Tulisan ini dikutkan dalam Hidayah Art-First Giveaway “Resolusi Tahun 2017 yang paling ingin saya wujudkan”



1

1 komentar:

  1. Iya mbak, berhemat itu penting bagi perempuan yang doyan cuci mata ya, hahaha... Reminder nih buat aku juga. Makasih ya udah ikuta GA aku, moga sukses :)

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!