Memberi dan Menginspirasi

Jumat, 16 September 2016

Mengenal Seluk-beluk Tentang Tabungan Bisnis


Menabung adalah salah satu cara untuk kita membiasakan diri dalam mengatur keuangan dengan baik. Banyak tempat menabung yang bisa kita gunakan, mulai dari celengan hingga bank dan lembaga keuangan yang sudah profesional. Tentu saja bank dan lembaga keuangan itu memiliki fasilitas yang jauh lebih baik dan lengkap dibanding tempat menabung lainnya. Jadi, semua orang bisa menyimpan uangnya secara mandiri dan aman, termasuk bagi pelaku bisnis. Penting untuk sebuah usaha memiliki tabungan bisnis agar tidak tercampur antara tabungan pribadi dan pekerjaan.

Berkembangnya teknologi membuat jenis tabungan semakin banyak, khususnya di Indonesia. Salah satunya adalah tabungan jenis bisnis dimana tabungan ini dibuat khusus untuk para pelaku bisnis. Dengan memiliki tabungan ini maka Anda bisa menikmati berbagai keuntungan yang bisa membuat Anda ketagihan, yakni suku bunga yang suku bunga yang lebih besar dibanding tabungan biasa. Selain itu, jumlah uang yang ditransfer pun juga lebih besar. Namun, Anda harus memenuhi syarat khusus terlebih dahulu, seperti setoran awal dan minimum setoran bulanan yang cukup besar. Untuk itu, tabungan ini akan sangat bermanfaat bagi usaha Anda.

Jenis selanjutnya adalah tabungan konvensional. Tabungan ini adalah tabungan yang umum digunakan. Hampir setiap orang pasti mempunyai tabungan jenis ini karena jenis inilah yang paling dikenal masyarakat. Ciri utama tabungan ini adalah nasabah mempunyai kontrol penuh atas batas waktu setoran. Fasilitas ATM yang diberikan memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk tetap mengawasi transaksi di tabungannya. Selain itu, pihak bank juga akan memberikan buku tabungan pada pemilik tabungan jenis konvensional ini.

Menabung dengan tabungan konvensional akan memberikan kita bunga setiap bulannya. Jumlah suku bunga sekitar 0.5% - 2% dan biasanya biaya administrasi diperkenankan pada nasabah setiap bulannya. Tiap bank mempunyai besaran biaya administrasi berbeda-beda tergantung dengan kebijakan masing-masing bank. Selain itu, keuntungan dari tabungan ini adalah dijamin keamanannya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) jika bank mengalami kerugian atau bangkrut. Tapi, jika Anda memiliki usaha atau sedang menggunakan produk kpr syariah maka lebih efisien menggunakan tabungan bisnis.
2

2 komentar:

  1. Kalau saya memang belum punya tabungan khusus bisnis, masih campur dalam rekening pribadi. Memang butuh disiplin tinggi sih agar tidak terpakai. Lebih enak yang syariah, Mbak, lebih tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya mulai sekarang mulai membuka rekening satu lagi untuk urusan bisnnis jadi lebih mudah untuk mengelolanya. Terima kasih sudah mampir

      Hapus

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!