Memberi dan Menginspirasi

Selasa, 18 Juni 2013

Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Musik




Musik banyak sekali manfaatnya, termasuk dalam perkembangan anak.  Hasil penelitian para ahli membuktikan bahwa pelajaran music memiliki efek positif terhadap perkembangan otak anak. Oleh karena itu  memperkenalkan music sejak dini kepada buah hati, akan sangat bermanfaat.
Langkah awal untuk mengenalkan music pada anak dapat berupa mengajak anak untuk memperdengarkan music saat sebelum tidur. Dengan memutar kaset atau CD atau music instrumental yang membuat relaksasi.
Selain melalui CD, kita dapat membawa buah hati untuk belajar music ditempat kursus. Usia yang ideal untuk memulai pelajaran music adalah 3-6 tahun.  Pada usia tersebut merupakan waktu terbaik untuk perkembangan pendengaran.
Music dipercaya dapat membantu perkembangan mental ana, meningkatkan koordinasi fisik dan menambah  keterampilan berbahasa. Selain itu, music mendukung peningkatan kemampuan matematis dan social. Melatih daya ingat dan kreativitas buah hati.
Manfaat lain dari bermain music adalah melatih empati dan menumbuhkan musikalitas anak dengan menggunakan lagu dan gerakan-gerakan yang merangsang koordinasi bagian otak.
Alat music yang direkomendasikan di pelajari oleh usia dini adalah piano dan organ, namun biola dan gitar juga baik untuk dipelajari anak sejak kecil.
Perdengarkanlah terus music  pada  buah hati, ketika bayi semakin tumbuh berkembang, mulailah rutin melakukan aktivitas ini untuk membantu pembentukan otak sikecil.
·         Dukung dan hargai kepribadian uniknya
·         Peluk, ayun dan sentuh  bayi anda, belailah kulitnya untuk meningkatkan aktivitas otaknya
·       
sumber :utusan.com
  Tanggapi kesukaan dan ketidaksukaannya. Anda akan mengerti bahasa tubuhnya jauh sebelum ia bisa berbicara.
·         Pelihara agar lingkungan tinggal anda selalu tenang. Lindungi bayi dari tekanan emosional. Pasalnya sangat sulit bayi untuk berkonsentrasi jika terdapat  suara music yang keras atau televise yang tak pernah berhenti.
·         Jangan melakukan interupsi ketika bayi anda sedang berkonsentrasi. Sedikit menjauh darinya dengan terus mengawasi, coba pahami apa yang sedang dilakukan olehnya.
·         Selamat bermain music !
Penulis : Yati Nurhayati
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!