Memberi dan Menginspirasi

Minggu, 17 Juni 2018

Tips Mengelola THR dengan Bijak


Bagi kamu seorang karyawan atau pegawai pasti menantikan THR. Biasanya uang THR ini habis begitu saja untuk keperluan hari raya. Namun agar tidak kebablasan menggunakan uang THR, sebaiknya  kita pos-pos kan untuk   hal yang lebih prioritas.  Inilah cara saya mengelola uang THR.
Pertama yang saya lakukan adalah menghitung berapa pendapatan dari THR, gaji dan laba yang diperoleh jika kamu punya usaha sampingan. Kebetulan saya selain sebagai pegawai, saya juga jualan online. Setelah diketahui jumlahnya, saya sisihkan 2,5 – 10 % untuk sedekah dan berbagi. Karena dari harta yang kita peroleh ada hak  kaum dhuafa. Selain untuk itu sedekah  juga membuat harta kita semakin berkah. Biasanya saya memberikan sedekah di bagi tiga bagian untuk di kampong halaman, di tempat tinggal dan di kantor untuk para cleaning servis dan pramubakti. Di luar dari sedekah saya juga menyisihkan untuk mengirim orang tua.
Selanjutnya saya siapkan 3 amplop atau tiga dompet amplop pertama saya tulisi “keperluan lebaran” uang ini saya gunakan untuk membeli baju lebaran, aksesoris dan kue-kue lebaran. Saya ambil 20-30 % dari uang THR. Amplop kedua saya tulisi “keperluan mudik” uang ini saya gunakan untuk akomodasi dan lain-lain. Jika saya mudik ke Bandung saja,  uang  untuk alokasi ini  tidak terlalu besar tapi jika rencana mau pulang ke kampong suami di Sulawesi tentu uang yang saya alokasikan untuk keluarga kecil kami lumayan bisa sampai 5-10 juta. Untuk anggaran mudik ini saya tidak bisa ambil dari THR jika jumlahnya cukup besar. Biasanya saya sisihkan dari gaji bulanan yang saya masukkan ke celengan.
Amplop ketiga saya tulisi “investasi” investasi bisa berbentuk reksadana atau bisa juga dengan membeli emas batangan. Tapi saya lebih suka dengan membeli emas batangan. Saat ini emas batangan bisa dibeli dengan yang ukuran terkecil.  Saat ini investasi banyak ragamnya. Tidak perlu bingung memilih produk investasi, tapi yang terpenting gunakan uang THR untuk keperluan hari raya, selebihnya baru investasikan.


0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!