Memberi dan Menginspirasi

Jumat, 14 Juli 2017

Kenali Gejala Hepatitis B


Belum lama  Paman saya berpulang ke rahmatullah karena mengidap penyakit hepatitis B. Dari sana saya mulai mencari tahu apa sebenarnya penyakit Hepatitis B ini? karena pada awal-awal terjangkit tidak bisa terdeteksi  oleh dokter. Setiap diperiksa ke dokter,  hasilnya beda-beda, dan anehnya tidak ada yang bilang kalau itu penyakit Hepatitis yang berbahaya. Baru setelah keadaannya kronis, dokter mengatakan kalau paman saya mengidap hepatitis B.
Hepatitis B disebabkan oleh virus Hepatitis B, dan penyakit ini menular. Jika tidak cepat ditangani akan menyebabkan kangker hati dan kematian. Menurut data kesehatan Indonesia merupakan salah satu negara yang mengidap penyakit Hepatitis tetinggi setelah Myanmar.   Biasanya orang yang terinfeksi virus ini tidak menyadari kalau dirinya mengidap Hepatitis. Gejala umumnya seperti , sakit lelah, mual muka kekuningan. Namun seseorang dikatakan terinfeksi  setelah diperiksa oleh dokter dan menjalani serangkaian uji laboratorium.  Karena gejalanya hampir sama dengan gejala penyakit lain, sehingga pengidap mau pun dokter tidak menyadari dan terlambat dalam penanganan.

Cara Penularan
Hepatitis B  bisa menular dengan berhubungan intim, jarum suntik yang dipakai bersama, kontak tubuh, penggunaan alat bersama seperti sikat gigi, alat makan, dan lain-lain, pecandu narkotika, yang berganti-ganti pasangan  dan ibu kepada anak yang dikandungnya.
Cara Pencegahan
Hepatitis B dapat dicegah dengan cara vaksinasi ketika balita, namun vaksinasi di Indonesia baru ada secara universal pada tahun 1997. Orang yang lahir sebelumnya kemungkinan besar tidak mendapatkan vaksin Hepatitis. Namun jangan khawatir karena untuk menghidari penyakit ini kita bisa melakukan imunisasi  atau vaksinasi.
Bagi yang sudah terjangkit segera hubungi dokter dan mendapat perawatan agar virus tidak menyebar dan mengakibatkan sirosis pada hati. Pengobatan medis dilakukan untuk menekan virus agar tidak berefleksi dan menjadi banyak. Dengan pengobatan dan penanganan yang cepat Hepatitis B bisa sembuh. Bagi penderita penyakit ini harus berisitirahat dan makan makanan yang bergizi, karena untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat menghadapi virus-virus yang menggerogoti tubuh.
Tetap jaga kesehatan dan pola hidup sehat, salam.
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!