Memberi dan Menginspirasi

Senin, 08 Februari 2016

Sensasi Menunggang Gajah


Siapa yang tak menenal binatang yang satu ini, badannya yang besar dan belalai yang panjang menjadi ciri khasnya. Sehingga anak-anakpun sangat familiar dengan binatang yang satu ini. Saya mengenal gajah sejak kecil dari tokoh yang berada dalam majalah Bobo, yaitu Bona Gajah kecil berbelalai panjang yang suka menolong.  
Beberapa keunikan gajah diantaranya adalah gajah merupakan binatang yang berumur panjang, umurnya bisa mencapai 70-80 tahun.
Gajah merupakan binatang identik dengan badan besar dan tinggi. Sehingga menunggang gajah menjadi suatu tantangan tersendiri.  Wisata Gajah tunggang kebun binatang Bandung masih menjadi wisata favorit bagi pengunjung.  Ini terbukti dari panjangnya antrian di wisata Gajah tunggang ini, terutama pada hari libur.
Kebun Binatang bisa menjadi alternative wisata yang menyenangkan bagi putra-putri kita. Karena dengan berkunjung kesini, kita bisa mengenalkan berbagai flora dan fauna kepada mereka. Apalagi saat ini kebun Binatang Bandung  semakin lengkap dengan berbagai wahana permainan untuk anak.
Selain gajah tunggang, pengunjung bisa menikmati sensasi naik unta tunggang, tentunya menaiki unta maupun gajah harus ditemani oleh pawang atau perawatnya.  Kita bisa membayangkan berada di tengah gurun pasir saat menaiki unta tunggang. Harga tiket untuk gajah tunggang atau unta tunggang yaitu Rp 15.000.  tarif ini memang relative mahal jika dibandingkan dengan kebun binatang Ragunan Jakarta yang hanya menerapkan tariff Rp 7.500.  Bahkan beberapa pengunjung mengeluhkan dengan mahalnya tariff masuk kebun Binatang Bandung  dibandingkan dengan kota-kota lain. Kebun Binatang bandung mencapai Rp 20.000 saat liburan dan Rp 15.000 saat hari biasa. Sedangkan untk masuk Ragunan hanya Rp 4.500.
Wahana permainan lain yang bisa dinikmati oleh putra-putri kita yaitu flying fox, sebuah arena bermain yang akan memicu adrenalin. Walaupun sudah memasang atribut pengaman, tetap harus hati-hati ya !
Kebun Binatang Bandung juga kurang memperhatikan kebersihan kandang dan tempat-tempat umum seperti WC dan mushola. Padahal  Para pengunjung akan merasa puas jika mahalnya tiket masuk berbanding dengan pelayanan dari pihak pengelola berupa fasilitas yang memadai.
Jika saya perhatikan memang sangat jauh berbeda dengan beberapa tahun lalu saat saya terakhir berkunjung kesini.  Banyak pembangunan disana-sini, flora dan fauna yang ada disini juga semakin beragam.
Koleksi terbaru
Untuk menarik wisatawan, kebun Binatang Bandung menambah koleksi yaitu dua ikan raksasa Arapaima asal pedalamanan Amazon. Brazil. Panjang ikan ini mencapai 1,8 meter  dan masih bisa tumbuh hingga 3 meter. Termasuk jenis ikan air tawar langka. Spesies langka ini  bisa menambah ilmu pengetahuan bagi anak-anak.
Jenis ikan arapaima sudah langka, karena adanya kegiatan pemancingan yang berlebihan. Ikan ini bernafas dengan oksigen dan akan muncul kepermukaan lima menit hingga lima belas menit sekali, inilah mungkin yang mnyebabkan kan ini mudah ditangkap.
Area kebun binatang Bandung menjadi paru-parunya kota Bandung yang sudah mulai gersang. Daerah ini masih  berdiri pohon-pohon sebagai pelindung untuk fauna didalamnya. Anda bisa mengajak anak-anak menaiki perahu atau sepeda air untuk mengelilingi kolam yang sepanjang kolam juga terdapat flora dan fauna.
Anda juga bisa berfoto dengan ular, jangan takut ularnya jinak. Bahkan anak-anakpun bisa memegang dan berfoto dengan ular yang sudah jinak. Asyiknya mengitari lahan  yang luasnya mencapai 13,5 Hektar ini tak terasa perut minta di isi.  Jangan khawatir di area ini banyak tersedia kuliner khas Bandung, mulai dari batagor, baso, mie kocok, ayam bakar nasi timbel dan lain-lain tentunya dengan harga yang nyaman di kantong.
Kebetulan ini hari libur, jadi ada pertunjukkan kesenian Jawa Barat yang menemani makan siang. Untuk mengelilingi area ini kita bisa menyewa delman atau kuda. Selain didalam area kebun binatang kita juga bisa menikmati sejuknya kota Bandung di luar area dengan berbagai kuliner yang akan memanjakan lidah. Disini juga banyak pedagang kaki lima yang berjejer hingga depan Sasana Budaya Ganesha. Anda bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang dengan harga relative murah. 



0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!