Memberi dan Menginspirasi

Selasa, 30 Oktober 2018

Ini Dia Beberapa Fakta Menarik Tentang Ambroxol


Ambroxol merupakan obat batuk yang termasuk kedalam golongan mukolitik atau pengencer dahak yang berfungsi untuk mengobati batuk berdahak. Obat ini hanya bisa diperoleh berdasarkan resep dokter pasalnya obat ini tergolong keras. Penggunaan obat ini dikhususkan untuk mengobati batuk yang disertai dengan dahak yang banyak dan juga kental yang biasanya akan menyumbat saluran pernapasan seperti pada bronchitis, bronkiektasis, asma, dan juga kondisi yang serupa lainnya.
Berikut beberapa fakta menarik tentang ambroxol diantaranya yaitu :
1.       Mekanisme Kerjanya
Pada saat obat ini diberikan secara oral onset yang dilakukan setelah sekitar 30 menit maka obat akan bekerja dengan cara memecah serat mukopolisakarida pada dahak sehingga akan membuatnya lebih longgar dan encer sehingga pada saat batuk dahak akan dikeluarkan dengan mudah.
2.       Indikasi Ambroxol
Obat ini sebagai obat untuk mengatasi batuk berdahak atau terapi sekretolitik pada penyakit bronkopulmonal akut dan kronis yang sangat identik dengan dahak dan juga lendir yang berlebihan dan transportasi lendir yang terganggu.
3.       Kontradiksi
Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh semua orang karena adanya beberapa orang dengan kondisi tertentu yang tidak boleh menggunakan obat ini. Mereka yang tidak boleh mengkonsumsi obat ini yaitu :
·            Mereka seorang pasien yang diketahui hipersensitif terhadap komponen komponen obat.
·            Merek yang menderita penyakit maag dan ulkus lambung.
4.       Dosis Dan Cara Penggunaannya
Obat ini tersedia dalam 2 varian yaitu tablet dan syrup. Berikut dosis yang lazim digunakan didalam penggunaan obat ini diantaranya yaitu :
·               Dewasa : Dosis bagi orang dewasa maka biasanya akan diberikan sebanyak 30 hingga 120 mg perhari. Dosis yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi pasien, tingkat keparahan, dan juga respon tubuh terhadap obat.
·               Sedangkan dosis ambroxol untuk anak akan disesuaikan dengan berat badan.
Cara yang benar untuk mengkonsumsi obat ini adalah dengan mengikuti anjuran dokter dan sebelum mengkonsumsinya baca informasi yang tertera pada kemasan. Nantinya kita akan mengetahui waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat ini, apakah saat makan atau setelah makan.
Itulah beberapa fakta menarik tentang ambroxol. Bagi wanita hamil dan menyusui jika akan mengkonsumsi obat ini maka sesuaikan dengan anjuran dokter. Tetapi disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat ini jika usia kehamilan masih duabelas minggu pertama.

0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!