Memberi dan Menginspirasi

Rabu, 14 Desember 2016

Pola Makan Sehat Bagi Penderita Diabetes


Mitos yang beredar kalau penderita diabetes tidak bisa makan enak, tidak boleh makan yang manis-manis.  Mitos tersebut tidak lah semua benar,  memang harus mengurangi kadar gula, namun bukan berarti  tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali, justru jika tidak mengkonsumsi gula akan membuat kadar gula rendah.  Yang terpenting adalah mengatur pola makan sehat bagi penderita diabetes.  Pengaturan ini menliputi  Jumlah, Jenis dan Jadwal, saya menyebutnya  3- J.
Mengenai  jumlah makanan  sesuaikan dengan usia, berat badan, dan aktivitas. Hal ini bisa dihitung dengan panduan kebutuhan kalori harian. Untuk lebih detilnya bisa konsultasi dengan dokter Anda.
Jenis makanan yang diperbolehkan untuk diabetes adalah  karbohidrat, protein, lemak , buah-buahan dan sayuran.  Untuk menjaga kadar insulin penderita diabetes juga harus mengatur jadwal makan pagi siang dan sore.  
Menu makanan sehat untuk diabetes dalam sekali makan sebaiknya mengikuti 3 komposisi berikut
-          ½ sayuran dan buah-buahan
-          ¼ karbohidrat
-          ¼ ikan / lauk-pauk

Yang penting diperhatikan bagi penderita diabetes, mereka harus memperhatikan makanan yang rendah glikemik dan tidak meningkatkan kadar gula secara signifikan. Selain itu memiliki nutrisi penting seperti, serat, magnesium, vitamin, dan kalsium. Sebenarnya makanan untuk penderita diabetes tidak sulit untuk dicari di pasar tradisional maupun pasar modern. Hanya saja terkadang penderita diabetes ini sulit untuk mengontrol karbohidrat. Sebaiknya memang disiplin daham hal makanan, seperti menyiapkan takaran atau timbangan di atas meja makan.
Berikut  sayur dan buah   yang dianjurkan untuk penderita diabetes yang mudah kita dapatkan.
Brokoli     
Brokoli bisa dengan mudah  di dapat baik di pasar tradisional atau modern, bahkan di abang tukang sayur. Kandungan dalam sayuran ini mampu mengontrol kadar glukosa darah, meningkatkan mekanisme detoksifikasi dalam tubuh dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. tapi  sayang banyak orang tidak begitu suka dengan brokoli ini. Termasuk saya paling jarang mengkonsumsinya.

Bayam
Sayuran  hijau  ini juga tak kalah  penting, karena mengandung vitamin K , folat, fospor dan seng. Sayuran bayam  selain harganya murah tapi begitu memasyarakat. Makanan popeye ini jadi makanan favorit keluarga saya, apalagi kripik bayam, cocok untuk teman nonton TV.
Tomat
Jus tomat banyak mengandung vitamin C dan anti oksidan lainnya.  Mengkonsumsi jus tomat setiap hari di percaya dapat mengurangi penggumpalan darah yang banyak terjadi pada penderita diabet. Tomat juga melindungi ginjal dari kerusakan akibat diabetes karena mengandung likopen lutein.
Ubi Jalar
Walaupun makanan ini sudah banyak ditinggalkan karena digantikan dengan kue yang enak dan instan, tapi ubi jalar ini banyak manfaatnya. Bagi penderita diabetes ubi jalar ini bisa digunakan untuk cemilan karena rendah glukosa.
Cokelat Hitam
Mengkonsumsi coklat hitam bisa menurunkan selera makan atau keinginan konsumsi yang manis-manis dan berlemak. Flavanoid yang terkandung didalam cokelat bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistansi insulin.



2

2 komentar:

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!