Memberi dan Menginspirasi

Senin, 05 Juni 2017

Waspada penyakit Gondongan



Tiga minggu yang lalu Andi anak saya yang sulung badannya panas, ia lemas. Untuk pertolongan pertama saya beri obat penurun panas. Namun dua hari kemudian bagian leher dan pipi membengkak. Setelah konsultasi dokter, Andi kena gondongan yang diakibatkan oleh virus Paramixxovirus, kemungkinan nular dari temannya yang gondongan juga atau dari makanan yang kurang bersih.
Sembuh sisulung pindah adeknya yang sakit, sakitnya sama bengkak sekitar leher dan pipi. Walaupun penyakit ini cenderung tidak berbahaya, namun tidak bisa diremehkan sebab bisa infeksi dan menimbulkan penyakityang lebih berbahaya. Seperti anakku yang kedua tidak bilang sakit, jadi penanganannya telat kata dokter sudah infeksi. Selain bengkak timbul benjolan sebesartelur di area leher. Kaget dan kasihan lihatnya.
Singkat cerita anak saya sembuh, dan ujungnya saya juga kena. Mungkin karena kondisi saya yang kurang fit dan terlalu cape, virus itu pun menyerang saya. Setelah saya mengalami sendiri sakitnya seperti apa saya mulai cari tahu tentang penyakit ini. 

Awalnya saya mengira gondongan sama dengan penyakit gondok, ternyata saya salah karena gondok merupakan penyakit akibat kurang yodium, sedangkan gondongan diakibatkan oleh virus. Walau pun gejala yang ditimbulkan hampir sama yaitu pembesaran kelenjar di area leher.
Gejala Gondongan
Terjadi pembengkakan pada kelenjar parotid akibatnya penderita akan sulit menelan, dan nyeri di area pipi. Selain itu gejala yang sering timbul seperti halnya penyakit flu yaitu nyeri sendi, pusing, hilang nafsu makan, lelah, nyeri bagian perut.
Komplikasi dari penyakit gondongan dapat terjadi diantaranya sebagai berikut:
-            Gangguan pendengaran permanen
-            Meningitis yang mengancam jiwa
-            Peradangan ovarium dan payudara
-            Pembengkakan testis.
Dari pengalaman merawat kedua anak saya yang kena gondongan, saya menerapkan tips-tips berikut:
-            Istirahat yang cukup
-            Perbanyak minum air putih
-            Jangan terlalu banyak makanan yang dikunyah, sebaiknya makan yang lunak-lunak.
-            Kurangi makanan asam
-            Tidak dianjurkan minum jus
-            Mengkonsumsi nutrisi yang cukup
-            Mengkompres bagian yang bengkak
Belum ada obat khusus untuk penyakit gondongan, penyakit ini akan berangsur pulih tergantung dengan kondisi tubuh seberapa kuat melawan virus. Pengobatan biasanya difokuskan untuk mengurangi rasa sakit dan keluhan yang terjadi. Biasanya penderita akan pulih kurang dari dua minggu.
Penyakit ini menular melalui udara, gelas atau handuk yang dipakai oleh penderita. Salah satu pencegahan dari penyakit ini adalah dengan menggunakan vaksin MMR pada anak usia 12-18 bulan dan diulangi ketika anak berusia 6 tahun.
Jika anak terlanjur terkena gondongan jangan ragu untuk segera ke dokter dan mendapat pertolongan pertama.
Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat dan jaga kesehatan selalu terutama anak-anak kita. See you
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!