Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 05 Maret 2016

Makanan Untuk Kolesterol Tinggi


Beberapa hari ini saya mengalami sakit kepala,  minum obat sakit kepala hanya hilang sebentar lalu sakitnya datang kembali. Terkadang diselingi sakit leher, serasa berat sekali.  Saya sudah menyangka kalau saya positif hamil,  tapi untuk menyakinkan saya cek ke poliklinik yang ada di kantor.  Hasilnya tekanan darah saya tinggi, mungkin inilah sebabnya saya sakit kepala terus.  Saya pun dianjurkan untuk mengurangi garam. Karena penasaran  saya periksa kembali  ke laboratorium untuk mengecek kolesterol, gula dan asam urat.
Setengah jam saya tunggu hasilnya, ternyata kolesterol  saya tinggi mencapai 239, kalau normalnya  maksimal  200. Dokter menganjurkan saya untuk diet. Karena umur saya masih muda, berasa masih muda  padahal udah kepala 3. Jadi jangan minum obat penurun kolesterol, hanya makanan saja harus dijaga.  Mungkin akhir-akhir ini saya rapat terus, jadi makan enak terus  ha..ha…
Acara diet pun mulai saya lakukan,  mulai dari menjaga makanan yang tinggi kolesterol.  Saya menghindari  daging ayam dan sapi serta makanan yang bersanten.     
Menu yang saya makan setiap hari hanya pepes ikan, lalap, sayuran. Memang sangat menyiksa sekali, secara saya kurang suka pepes dan masaknya juga ribet bagi saya ibu yang bekerja.  Setiap hari saya buka bekal di kantor, diledekin sama teman-temen.  Gara-gara kolesterol  jadi nggak bisa makan enak, atasan saya datang saat saya lagi makan pagi bareng, lalu dia mencertitakan pengalamannya saat dia juga kolesterol tinggi. Bukan berarti kita tidak bisa makan enak, tapi porsinya yang dikurangi.  Makan daging tidak dilarang, karena tubuh juga memerlukan protein, tapi pilih daging yang non lemak. Kalau masak ayam, sebaiknya kulit ayam tidak perlu di masak, dan rebus dulu ayamnya sehingga lemaknya hilang.  Setelah itu masak sesuai selera.
Berikut ini adalah makanan yang bagus dikonsumsi  untuk kolesterol tinggi
-           Apel
-          Alpuket
-          Seledri
-          Buncis
-          Beras   merah
-          Gandum
Makanan penurun kolesterol
-          Tomat
-          Anggur
-          Mangga
-          Jambu biji
-          Jeruk nipis
-          The hijau
-          Bayam
-          Bawang putih
-          Ikan salomon
-          Coklat
-          Oat meal
Mudah-mudahan  tulisan sederhana ini  bisa bermanfaat.

-            

    
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!