Memberi dan Menginspirasi

Sabtu, 14 Maret 2015

Belajar Meresensi Buku


Untuk Menuju Keberhasilan diperlukan usaha yang terus menerus
Cinta tidak memandang bulu, bisa hadir dihati dua insan yang sangat jauh berbeda status sosialnya, seperti cerita dalam novel  ini yang mengisahkan perjalanan seorang gadis anak dari mantan TKW dari Jawa dan seorang Residen Taiwan.  Pernikahannya tidak berlangsung lama, pada usia Ella 1 tahun orang tuanya bercerai, ibunya kembali ke Indonesia. Namun ada perjanjian tertulis bahwa pada saat uisa Ella sudah 17 tahun ia harus ikut ayahnya.  ( hal 148)
Demi mengejar cita-citanya Ela bersedia ikut ayahnya, ia berusaha untuk mendapatkan beasiswa disalah satu universitas  d Taiwan. Ibunya sangat mendukung, ia tidak ingin Ella bernasib sama seperti dirinya yang tidak berpendidikan. Tapi ibunya berpesan agar tidak menjalin cinta dengan orang Taiwan, ia juga tidak mau kejadian  yang menimpa dirinya terulang pada Ella. Harus berpisah dengan orang yang dicintainya. 
Ella Tan nama gadis itu, ia seeorang mahasiswa di  Universitas Nasional Taiwan. Karakternya selalu terburu-buru dan ceroboh, ia nyaris terlambat pada saat hari pertama pendaftaran di kampus ini, karena kecerobohannya  mensetting jam tangan. (Hal 140)
Ella tinggal dengan ayah yang pendiam  dan ibu  serta saudara tirinya yang kejam. Ia tidak diterima sebagai anggota keluarga baru, dan menjadi bahan pertengkaran dikeluarga tersebut.
Tapi itu tidak berlangsung lama karena Ayahnya mengizinkan untuk tinggal di apartemen  yang dekat dengan kampus. Dan  beruntung Ella mendapat teman-teman dikampus yang begitu mendukungnya. Ada Adrian yang membantunya ketika diawal-awal pendaftaran, ada kim Hae Yo seorang Korea yang menjadi teman baiknya. Dan beberapa teman yang sama-sama dari Indonesia.
Kim  Haeyo memiliki alasan  kenapa ia sangat baik kepada Ella, karena Ella mengingatkan ia kepada ibunya, Ella bagi Kim Haeyo merupakan sosok bijaksana yang terkesan cuek. Seperti almarhumah ibunya. Jika ia menyakiti hati Ella, hae Yo menganggap telah menyakiti orang yang paling disayanginya. Dan sebaliknya membuat Ella tersenyum,  sama artinya telah membahagiakan ibunya.  Hae Yo menemukan semua yang hilang beberapa tahun yang lalu. ( Hal 253)
Keceriaan mulai terlihat diwajah Ella, terutama ketika ia merasakan cinta kepada dosen muda di universitas tempat ia kuliah. Namun perasaan itu disimpannya dalam-dalam, karena ia tak mungkin melupakan pesan dari ibunya, terlebih lagi dosen muda yang bernama Marcel Yo itu sudah memiliki tambatan hati yaitu Miss Wang,  seorang gadis yang begitu sempurna dimata Ella. Tidak di sangka bahwa Kim  Hae Yo juga menyukai Miss Wang.

Ella Tan berusaha untuk membuat orang tuanya tidak kecewa,  dan untuk meraih  keberhasilan diperlukan usaha terus menerus  itu dirasakan oleh Ella. Bukan saja harus mengerjakan ini itu, tapi juga menempuh jalan untuk mencapai impiannya. (Hal 101)
Seiring dengan berjalannya waktu perasaan yang dulu tumbuh untuk Marcel Yo berubah tak lebih hanya perasaan terhadap dosen yang ia hormati.  Malahan perasaan cinta muncul pada seseorang yang ia anggap teman yaitu Kim Hae Yo, dan Kim HaeYo juga sama, kalau Ella lah yang selama ini begitu menyita perhatiannya.  Dan perasaannya pada Miss wang pupus setelah mengetahui kejelekannya.
Marcel Yo sangat baik pada Ella, tapi ia sebatas dosen dan mahasiswanya, alasan lainnya karena Hae Yo menitipkan Ella padanya, dan jangan sampai membuat Ella bersedih. 
Mimpi Ella mendapatkan kasih sayang dari ayahnya terwujud, Ayahnya selalu menyempatkan waktu untuk mengunjungi Ella di apartemennya, untuk sekedar makan bersama. Bukan hanya itu, Ella mendapatkan fasilitas mewah di apartemennya yang membuat Ella merubah pandangannya terhadap ayah yang baru berjumpa dengannya.  
Kisah ini memang  klasik, dan ketika pertama membaca Nampak seperti cerita Cinderela. Namun penulis mampu  meramunya menjadi cerita yang menarik. Dan selamanya cerita cinta tidak akan pernah habis dimuka bumi ini.
Diresensi oleh : Yati Nurhayati

Judul buku : The Dream in Taipei City
Penulis : Mell Shaliha
Tahun terbit : Cetakan  pertama, Februari 2014
Penerbit : Indiva
ISBN : 978-602-1614-16-7


0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!