Memberi dan Menginspirasi

Rabu, 06 Agustus 2014

Resensi


Resensi dimuat di Koran Jakarta tanggal 21 Mei 2014

7 Kesalahan fatal bagi pengusaha
Banyak orang yang ingin menjadi pengusaha, karena menjadi pengusaha anda bisa memiliki kebebasan, yaitu bebas waktu dan bebas uang. Tapi sayang jadi pengusaha itu tidak gampang. Jadi pengusaha ada ilmunya jangan hanya sekedar Action, karena asal action hanya akan membuat gagal.
Menjadi pengusaha jangan hanya ikut-ikutan, harus menjadi pilihan karena kita benar-benar ingin menjadi pengusaha, bukan karena terkompori apalagi karena kepepet. “menjadi pengusaha adalah pilihan, bukan pelarian apalagi balas dendam” (Halaman. 43)
Fakta dilapangan bahwa 50 % bisnis bangkrut pada tahun ke – 1, 80 % bisnis bangkrut pada tahun ke 5 dan 96 % bisnis bangkrut pada tahun ke 10. ( Halaman.40)
Membangun bisnis yang bisa bertahan dalam jangka panjang dan sukses membutuhkan mental untuk action yang diikuti dengan strategi marketing, oprasional, SDM dan keuangan.
Dalam buku 7 kesalahan fatal pengusaha pemula karya Dewa Eka prayoga dituliskan kisah nya sendiri sebagai pengusaha, dengan maksud agar pengusaha pemula tidak jatuh pada lubang yang sama.
Menurut Dewa Eka Prayoga 7 kesalahan pengusaha adalah Asal Action, ikut-ikutan, gampang percaya, ingin cepat, banyak gaya, mudah hutang dan buta finansial.
Banyak pembisnis tidak sabar dan ingin cepat kaya, pada akhirnya mereka tidak menikmati proses, sedangkan jadi pengusaha itu adalah proses, dan proses itu bertahap. Dalam dunia bisnis tak adta jalan pintas, dan instan. Semua harus sesuai aturan dan satu demi satu diselesaikan. Tak bisa dicapai hanya dalam hitungan bulan.
“Segala sesuatu yang diraih dengan cepat akan berakhir dengan cepat” ( halaman. 58)
Saat pertama kali buka bisnis sebaiknya Anda terjun langsung kelapangan, agar tahu seluk beluknya, sehingga ketika nanti melakukan sistemasi akan mudah karena sudah merasakan. Kesalahan para pengusaha pemula biasanya ingin segera merekrut karyawan dan segala tugas diserahkan kepada karyawan.
Memang berbisnis merupakan aktivitas untuk mencari harta dan kekayaan, namun bila keinginan tersebut menggebu-gebu tanpa adanya kesabaran akn berdampak buruk. Saat mengalami masa paceklik dibutukan kesabaran untuk mengelolanya. ( halaman. 60)
Kesalahan Pengusaha pemula yang sering terjadi karena ia mendahulukan gaya, tidak peduli itu uang perusahaan ia pakai untuk kepentingan pribadi. Karena merasa sukses ia merubah gaya hidup dengan serba mewah, mobil mewah, rumah mewah dan sebagainya. Biasanya orang seperti ini ingin kelihatan kaya dan sukses, dan terkadang diiringi dengan sifat sombong.  Sayangnya uang yang digunakan untuk membeli kemewahan adalah uang perusahaan.
Sifat sombong adalah awal dari kehancuran bisnis, karena Allah paling tidak suka orang sombong, yang harus sombong itu hanya Allah pemilik semua harta, kita hanya dititipi oleh –Nya.
Kesalahan lainnya adalah buta finansial, cirri-ciri orang yang buta finansial adalah salah mendefinisikan uang, tidak memiliki definisi yang jelas tentang bebas finansial, tidak paham istilah keuangan, tidak bisa membuat laporan keuangan, mencampuradukkan keuangan pribadi dan bisnis, salah kelola asset dan kewajiban, salah mindset tentang omset, tidak paham pentingnya cashflow. (Halaman. 99)
Satu dari lima alas an utama orang ingin menjadi pengusaha adalah  karena ingin mencapai bebas finansial. Kalau jadi karyawan  uang yang didapatkan sebanding dengan keringat yang dikeluarkan. Tapi jika jadi pengusaha bepeluang untuk mencapai bebas finansial, walaupun pada kenyataannya banyak juga pengusaha yang mengalami kemerosotan finansial alias bangkrut.
Definisi bebas finansial adalah ketika bisnis jalan, kitanya jalan-jalan. Namun kondisi tersebut tak semudah yang dikatakan. (halaman 102)
Bebas finansial tak mungkin bisa tercapai jika kita hanya sekedar main-main dalam bisnis, banyak santai dan tidak berjuang sungguh-sungguh, bebas finansial hanya bisa tercapai jika kita  kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas.
Buku ini bagus bagi anda yang baru mulai membuka usaha atau yang sudah berjalan untuk mencegah kebangkrutan sejak dini. Tanpa menggurui Dewa Eka Prayoga telah mengemas pengalaman pribadinya dalam  buku ini.

Diresensi oleh : Yati Nurhayati, Alumni Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung.

Judul buku : 7 kesalahan Fatal pengusaha pemula
Penulis : Dewa Eka prayoga
Tahun terbit : Cetakan  pertama, Juli 2013
Penerbit : Delta Saputra
ISBN : 978-602-99999-1-4
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!