Memberi dan Menginspirasi

Senin, 01 September 2014

Resensi Buku



Judul Buku :
Jangan Kuliah Kalau Nggak Sukses
Penulis :
Setia Furqon Kholid
Penerbit :
Rumah Karya
Cetakan :
Ketujuh, 2012
Tebal :
160 halaman ; 20 x 13 cm
Jangan Kuliah Kalau Nggak Sukses
Tidak semua oang bisa menikmati bangku kuliah menjadi mahasiswa, bahkan di Indonesia persentase yang bisa melanjutkan ke perguruan tinggi rendah sekali. Oleh sebab itu bagi mahasiswa ada tantangan tersendiri, bahwa orang kuliah itu harus sukses.  Yang tidak kuliah saja bisa sukses, apalagi yang kuliah. Mungkin begitu anggapan kebanyakan orang.
Ada banyak orang kuliah hanya sekedar datang, duduk dan diam saja dikampusnya. Nongkrong dan wara-wiri tak jelas tujuan. Masuk kuliah, pulang kuliah, makan, minum, tidur, menghayal, hura-hura, begadang tidak karuan,  nyusahin orang tua dan masih banyak lagi kesia-siaan yang dilakukan. 
Adapula mahasiswa yang kuliahnya rajin sekali, semua waktu tercurah hanya untuk semua yang berhubungan dengan prestasi akdemik yang ia cita-citakan. Akibatnya jadi kuper, kikuk, kaku dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Tidak pernah berorganisasi dikampus, kegiatan diluar kampus jarang ikut, bahkan tidak sama sekali. Ia mendapat cumlaude, namun tak bisa bergaul.
Ada juga yang aktif diorganisasi, hampir tidak ada waktu untuk mata kuliah, apalagi ngerjain tugas, walhasil nilainya keteteran dan menjadi mahasiswa abadi, perbaikan sana-sini, teman seangkatan sudah pada lulus, ia masih berkutat dengan perbaikan nilai.
Yang lebih tragis, tidak aktif diorganisasi kampus, nilai akademis yang diraih gak bagus, bahkan dibawah rata-rata. Jadi seperti apa mahasiswa yang diharapkan itu  ?
Mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang mampu mensinergikan segala potensi yang Allah titipkan padanya. Mahasiswa yang tidak semata-mata mengejar target nilai saja, namun mampu menjadi pribadi mulia dengan kekuatan akhlaknya, mandiri dan tentunya berbuat kebaikan yang bermanfaat bagi orang lain. Begitulah  cita-cita buku yang ditulis oleh Setia Furqon Kholid, yang berjudul “ Jangan Kuliah Kalau nggak Sukses” ini.
Semua mahasiswa pasti ingin sukses, tapi banyak yang tidak tahu seperti apa menwujudkannya. Akhirnya pasrah, dan berjalan seperti air mengalir, yang penting kuliah, dapat gelar, cari kerja. Cari kerja susah, akhirnya putus asa.
Dalam buku motivasi ini kita diajak untuk menjadi mahasiswa yang mandiri, mahsiswa yang berwirausaha, aktif diorganisasi, nilai akademis memuaskan. Ini bukan hal yang mustahil.  
Buku ini memaparkan rahasia yang membuat beberapa mahasiswa dapat sukses disemua peran kehidupannya. Yang mempunyai success habits yang meliputi cara berpikir, cara merasa dan cara bersikap tertentu hingga terkristalisasi menjadi success character.
            Menurut buku ini setidaknya ada lima pondasi dasar yang menyokong kesuksesan, yaitu kekuatan spiritual (spiritual Power) yang membuatnya tetap berada dipuncak kesuksesan sejati. Kekuatan emosional (Emotional Power) yang menjadikannya mampu beradaptasi dengan diri dan lingkungannya, kekuatan financial ( Financial Power) yang mmepertahankan izzah (kehormatan dirinya), kekuatan intelektual (intellectual Power) yang mendasari setiap keputusan, dan kekuatan aksi (Action Power), yang menjadikannya seorang pemenang bukan pecundang, pemimpin bukan pemimpi.
            Lima pondsi dasar inilah yang menjadi bahan baku kesuksesan mereka. Dengan mengelola energinya secara tepat dan seimbang untuk setiap peran kehidupannya, ia mampu sukses dibidang apapun yang ia ambil.
            Dengan bahasa yang lugas dan tidak menggurui, buku ini akan memberikan tips jitu bagaimana menjadi mahasiswa yang bukan hanya sukses dibidang akademis, tetapi juga mendapatkan pengalaman organisasi, mampu mandiri dan mengatur keuangan pribadi, juga strategi ampuh mendapatkan beasiswa. 
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!