Memberi dan Menginspirasi

Kamis, 04 April 2013

Memberi Nutrisi Yang Tepat Di periode Golden Age


Diusianya yang baru dua tahun Citra anak saya sudah mampu mengucapkan ratusan kata.  Ia mampu mengingat kata-kata yang diucapkan orang tuanya. Selain itu ia juga sudah hapal surat Al Fatihah walaupun masih cadel.  Bisa berhitung dari satu sampai sepuluh dalam bahasa Indonesia dan bahasa Sunda.
Setiap ditanya ia selalu nyambung, lucu sekali kalau melihat ia berbicara. Teman-temannya yang seusia dengan Citra tidak secerewet dia. Suatu hari Puspa anaknya  tante saya yang usianya berbeda  bulan dengan Citra   meminta makanan yang ada ditangan Citra, anaknya Bibi belum bisa ngomong, ia hanya menangis mau makanan. Eeh Citra bilang begini “ beli…” semua orang ketawa lihat tingkah lakunya.
Selain pandai berkata-kata Citra juga mandiri, ia kalau lihat sepatu atau sandal ia pakaikan sendiri.  Namun sifat wanitanya sudah terlihat. Ia paling suka bergaya dengan kerudung, jika menemukan kerudung ia sibuk sendiri. 

Tenyata kecerdasan itu tidak datang dengan sendirinya,  ia harus diusahakan oleh kita para orang tua. Tentunya semua orang tua juga mau memiliki anak yang cerdas.  Asupan gizi semenjak dalam kandungan juga akan sangat berpengaruh pada kecerdasan otak anak. Biasanya ibu hamil apalagi yang lagi ngidam makanan serba bau, dan selalu ingin muntah. Akhirnya lupa memperhatikan bahwa bayi kita memerlukan asupan gizi yang seimbang. Terkadang diusia kehamilan muda tidak menyukai susu, padahal susu ini sangat penting, ibu jangan egois karena tidak suka susu, tidak minum susu.
Makanan yang terbaik untuk bayi adalah ASI, untuk memproduksi ASI yang berkualitas ibu juga harus memakan makanan yang sehat dan bergizi serta mengandung DHA. Menurut penelitian dibidang neurologi, pada usia 4 tahun pertama seluruh  kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk.  Tahun-tahun ini disebut golden period (periode emas), karena anak tumbuh dengan pesat.  Begitu juga dengan perkembangan otaknya, selama 3 tahun pertama, otak anak berkembang secara cepat. Bila kita melakukan stimulasi yang tepat pada saat itu, maka otak dapat berjalan secara maksimal. Stimulasi penting untuk mengeluarkan dan meningkatkan kemampuan anak. Jika anak tidak distimulasi, maka fungsi otak tidak bisa berkembang.
Salah satu fungsi otak adalah kecerdasan atau disebut juga fungsi kognitif. Fungsi otak mempengaruhi intelegensi, pusat pengaturan organ tubuh, untuk berpikir, mempengaruhi emosi dan tingkah laku. Otak memilki jaringan yag akan berfungsi maksimal kalau dirangsang. Untuk itu, otak harus diberikan stimulasi secara optimal dan tentunya dibarengi asupan nutrisi sejak dini. Makin dini stimulasi dilakukan makin baik. Tentunya peran orangtua terutama ibu yang paling dekat dengan anak sangat diperlukan.
Otak terdiri dari belahan otak kanan dan kiri, yang apabila kedua otak ini di rangsang dengan tepat sesuai dengan  tingkat perkembangan anak, maka akan memiliki beberapa potensi kecerdasan. Bukan saja kecerdasan intelektualnya, tetapi kecerdasan emosional dan spiritualnya berkembang secara optimal.  Seperti kita ketahui disamping kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional atau karakter sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang dimasa depan.  

Pada periode emas inilah otak memerlukan nutrisi penunjang diantaranya yiatu DHA.  Vitamin Sevenseas ini mengandung  nutrisi penunjang tersebut.
0

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran dan kritik dengan bahasa yang sopan, jangan spam ya!